Sudah 50 Orang Dipanggil Jaksa Soal Dugaan Korupsi Damkar Depok

Kasi Intel Kejari Kota Depok, Herlangga Wisnu Murdianto ungkap hasil pemeriksaan dugaan korupsi Damkar Depok. (Depoktoday.hops.id)
Kasi Intel Kejari Kota Depok, Herlangga Wisnu Murdianto ungkap hasil pemeriksaan dugaan korupsi Damkar Depok. (Depoktoday.hops.id)

DEPOK- Kejakasaan Negeri (Kejari) Kota Depok kembali memanggil sejumlah pihak untuk dimintai keterangan dalam kasus dugaan korupsi yang terjadi di kubu Dinas Pemadam Kebakaran atau Damkar, Kota Depok.

Salah satu yang diperiksa kali ini adalah Kepala Dinas Damkar Depok, Gandara Budiana, Selasa 15 Juni 2021. Selain Gandara, pada hari ini jaksa juga menggali keterangan enam orang lainnya.

Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Kota Depok, Herlangga Wisnu Murdianto mengatakan, total sudah hampir 50 orang yang dipanggil setelah kasus ini dilimpahkan pihaknya ke Tipidsus. “Sudah hampir 50 ya,” katanya.

Baca Juga: Ditetapkan Tersangka, Anji Ternyata Juga Simpan Ganja di Bandung

Sedangkan sebelumnya, Seksi Intelejen telah memanggil 60 orang untuk dimintai keterangan atas kasus tersebut. Ia menjelaskan, setelah dilimpahkan maka otomatis Tipidsus mendalami kasus ini dari nol.

“Jadi seksi tindak pidana khusus akan menginventaris orang yang dipanggil di intelejen. Mana yang dianggap perlu memberikan keterangan itulah yang dipanggil,” katanya.

Kronologi Dugaan Korupsi Damkar Depok

Untuk diketahui, kasus itu kali pertama mencuat karena aksi protes Sandi Butar Butar, pegawai honorer di dinas tersebut. Sandi menyebut ada dugaan korupsi pada Dinas Damkar dan memohon agar Presiden Joko Widodo untuk turun tangan menyelesaikan persoalan ini.

Baca Juga: Usut Dugaan Korupsi Damkar, Kejaksaan Negeri Depok Tak Bisa Didikte

Adapun hal yang jadi sorotan dalam kasus ini adalah soal pengadaan sepatu dinas atau PDL dan dugaan pemotongan dana insentif penanggulangan COVID-19.

Tak lama setelah unggahan tersebut viral, Sandi kemudian membuat laporan secara resmi. Belakangan, kasus itu juga jadi sorotan Polres Metro Depok. (lala/*)