Status Bebas Transfer, Wagub DKI Ngarep Lionel Messi Main di Persija

Ahmad Riza Patria.(Foto: RMOLJAKARTA)
Ahmad Riza Patria.(Foto: RMOLJAKARTA)

DepokToday—Hengkangnya Lionel Messi dari Barcelona mengejutkan penggemar sepak bola dunia, termasuk Wakil Gubenur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Orang nomor dua di ibu kota itu bahkan punya harapan tingkat dewa, yakni Messi ingin bermain di Liga Indonesia dan bergabung bersama Persija Jakarta.

“Kalau (mau) ke Indonesia, kita berharap Messi gabung ke Persija. Dan kita berharap, ke depan anak-anak Indonesia akan menjadi pemain sepak bola terbaik, tidak hanya di Indonesia, tapi di dunia seperti Messi,” ujar Riza Patria dikutip hops.id dari Kumparan, Sabtu 7 Agustus 2021.

Meski peluang Messi gabung ke Persija sangat kecil, namun menurut Riza Patria hal tersebut bukannya tak mungkin.

Bahkan, jika rencana itu benar-benar terwujud, wakil dari Gubernur Anies Baswedan itu berharap Messi mampu menularkan ilmu serta kehebatannya kepada pemain-pemain muda di tim Macan Kemayoran (julukan Persija-red).

BACA JUGA: Lionel Messi Tidak akan Bertahan di Barcelona, Ternyata Ini Masalahnya

Pemain Top Dunia di Indonesia

Harapan Riza Patria tentang Messi main di Liga Indonesia sah-sah saja. Sebab bintang asal Argentina itu kini berstatus bebas transfer. Sampai saat ini Messi juga belum menentukan dengan klub mana akan bergabung, meskipun sudah hampir dekat untuk berseragam Paris Saint-Germain (PSG).

BACA JUGA: Lionel Messi Sebentar Lagi akan Berseragam Paris Saint-Germain

Persija sebagai klub elite di Indonesia punya pengalaman mendatangkan pemain kelas dunia. Ivan Bosnjak pernah membela Persija Jakarta pada 2014. Untuk Piala Dunia, ia membela Kroasia pada 2006.

Ivan Bosnjak.(Foto: Alchetron)
Ivan Bosnjak.(Foto: Alchetron)

Saat itu, sejumlah bintang Kroasia menghuni skuad asuhan Zlatko Kranjcar seperti Luka Modric, Ivica Olic hingga Nico Kranjcar.

Sementara dalam cakupan yang lebih luas, Liga Indonesia pernah menjadi pelabuhan sejumlah pemain top dunia, yang pernah pula tampil di ajang Piala Dunia. Salah satunya pemain satu negara dengan Messi, yaitu Mario Kempes.

Mario Kempes.(Foto: Goal)
Mario Kempes.(Foto: Goal)

Dilansir okezone.com, Mario Kempes merupakan andalan Timnas Argentina saat menjuarai Piala Dunia 1978. Mario Kempes bahkan keluar sebagai top skor Piala Dunia 1978 dengan koleksi enam gol.

Mario Kempes tiba di Tanah Air pada 1993 atau di usia 39 tahun dengan membela Pelita Jaya. Tampil dalam 18 pertandingan, Mario Kempes mengemas 12 gol.

Roger Milla.(Foto: Twitter Forgotten Footballer)
Roger Milla.(Foto: Twitter Forgotten Footballer)

Tidak hanya Kempes, beberapa pemain berlabel bintang yang mencicipi atmosfer kompetisi Liga Indonesia antara lain Bertin Ebwelle (Kamerun), Roger Milla (Kamerun), Pedro Pasculli (Argentina), Maboang Kesack (Kamerun), Jules Onana (Kamerun), Mahouve Marcel (Kamerun), Jeane-Pierre Fiala (Kamerun), Pierre Njanka (Kamerun), Shane Smeltz (Selandia Baru), Natsja Ceh (Slovenia), Didier Zokora (Pantai Gading), Peter Odemwingie (Nigeria).

Michael Essien.(Foto: Goal)
Michael Essien.(Foto: Goal)

Dan yang paling baru adalah merumputnya Michael Essien di Liga Indonesia bersama Persib Bandung. Gelandang Timnas Ghana di Piala Dunia 2006 itu pernah membela sejumlah klub teras Eropa seperti Chelsea, Real Madrid hingga AC Milan.

Pada 2017, Essien berlabuh bersama Persib Bandung. Kala itu dari 29 pertandingan, Essien mengemas lima gol. Kini Michael Essien sudah meninggalkan Indonesia pada 2018.

(tdr/*)