Sperma Encer dan Haid Tidak Teratur Bikin Sulit Hamil? Ini Kata Dokter

Ilustrasi pasangan. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pasangan. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Kondisi gangguan kesuburan menjadi momok bagi pasangan suami istri untuk mendapat keturuanan. Namun, kondisi sulit mendapat keturuanan atau hamil ini sudah terlihat dari sejumlah keadaan.

Melansir dari berbagai sumber, Dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dr. Ivander Utama, Sp.OG, menjawab sperma encer dan sering keluar pasca senggama sebenarnya wajar dan tidak berhubungan dengan kualitas sperma.

Namun, jika dibiarkan beberap saat terkena udara, maka sperma sebetulnya bisa menjadi encer. Jadi, fase sperma akan terus berubah, mulai dari ketika di dalam kelamin, saat diejakulasikan, hingga beberapa menit setelah diejakulasikan.

Ini artinya, jika menemukan sperma encer setelah masa ejakulasi, sebenarnya adalah hal yang normal dan sering terjadi pada pria atau bisa dibilang belum bisa dibuktikan mempengaruhi sulit hamil.

Sementara itu, disitat dari alodokter, menstruasi yang tidak teratur juga tidak selalu menandakan bahwa terdapat masalah pada ovulasi atau pelepasan sel telur dari kandung telur anda.

Baca Juga: Komitmen Perkuat Digitalisasi Sektor Perikanan dengan Aplikasi Khusus Ini

Anda harus menjelaskan lebih lanjut bagaimana menstruasi tidak teratur tersebut (apakah hanya tanggalnya saja yang maju/mundur namun masih ada dalam rentang menstruasi normal, atau anda sampai tidak menstruasi hingga berbulan-bulan atau menstruasi hingga beberapa kali sebulan)?

Selama jarak siklus menstruasi anda masih berada dalam rentang normal (21-35 hari), maka tidak ada yang perlu anda khawatirkan. Bila jarak antara siklus menstruasi anda berada di luar rentang normal tersebut, maka anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk evaluasi lanjutan.

Bila memang anda dan pasangan anda sudah mencoba untuk hamil dengan hubungan seksual rutin selama 1 tahun atau lebih dan belum berhasil, maka anda dan pasangan anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kesuburan anda berdua. (lala/*)