Spanyol Kerja Keras Kalahkan Kroasia Lewat Drama Delapan Gol di Parken

Pemain Spanyol meluapkan kegembiraannya usai mengalahkan Kroasia di babak 16 besar Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)
Pemain Spanyol meluapkan kegembiraannya usai mengalahkan Kroasia di babak 16 besar Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)

KOPENHAGEN—Spanyol mengalahkan Kroasia 5-3 pada babak 16 besar Piala Eropa 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, dini hari tadi WIB.

Kemenangan itu memuluskan langkah Tim Matador—julukan Spanyol—ke babak perempat final. Sedangkan Kroasia tersingkir dari turnamen edisi ke-16 ini.

Laga babak pertama ditutup dengan skor 1-1. Kroasia unggul lebih dulu setelah Kiper Spanyol, Unai Simon, gagal menahan bola operan dari Pedri. Bola pun nyelonong masuk ke gawang Spanyol. Gol akibat blunder Unai Simon pada menit 20 ini dianggap sebagai bunuh diri.

Pemain Kroasia merayakan gol blunder yang dilakukan Kiper Spanyol, Unai Simon.(Foto: Twitter Euro2020)
Pemain Kroasia merayakan gol blunder yang dilakukan Kiper Spanyol, Unai Simon.(Foto: Twitter Euro2020)

Tertinggal 0-1, Spanyol berusaha menekan. Pasukan Luis Enrique mencoba menyerang pertahanan Kroasia dari berbagai sisi.

Hasilnya, pada menit 38, Pablo Sarabia mencetak gol untuk Spanyol. Skor pun imbang 1-1 hingga babak pertama selesai.

Gol balasan Spanyol yang dicetak Pablo Sarabia pada menit 32.(Foto: Twitter Euro2020)
Gol balasan Spanyol yang dicetak Pablo Sarabia pada menit 32.(Foto: Twitter Euro2020)

Di babak kedua, Spanyol yang tampil ngotot terus mendikte permainan Kroasia. Gelombang serangan dari para pemain Spanyol pun menemui target.

Pada menit 57 kedudukan berbalik untuk keunggulan Spanyol. Pemain belakang Spanyol, Cesar Azpilicueta, menyundul bola dengan sempurna hasil umpan matang yang dilepaskan Ferran Torres dari sisi kiri pertahanan Kroasia. Skor menjadi 2-1.

DIBACA JUGA Hadapi Spanyol, Kroasia Tanpa Diperkuat Ivan Perisic

Kurang puas, Spanyol menambah gol ketiganya. Kali ini Ferran Torres yang mencatatkan namanya di papan skor di menit 77.

Mengejar umpan lambung jarak jauh dari Pau Torres dari lini pertahanan Spanyol, Ferran Torres memenangi duel satu lawan satu dengan bek Kroasia.

Ferran Torres yang tinggal berhadapan dengan kiper Kroasia, Dominik Livakovic, dengan tenang menendang bola ke arah gawang Kroasia. Bola yang menyusur datar melewati kolong kaki Livakovic menggetarkan jaring gawang Kroasia. Spanyol memimpin 3-1.

Kroasia yang tertekan kemudian membalas serangan. Di menit 85, Kroasia memperkecil selisih gol menjadi 2-3 lewat kaki Mislav Orsic.

Berawal dari umpan jarak dekat Luka Modric, skrimit terjadi di mulut gawang Spanyol. Bola liar berhasil disepak Orsic dan membentur dengkul Unai Simon. Tapi wasit memutuskan sebagai gol karena bola sudah melewati garis. Keputusan ini diambil berdasarkan informasi dari tayangan VAR. Skor berubah jadi 3-2.

Gol yang dicetak Orsic tampaknya membangkitkan semangat juang rekan satu timnya. Di luar dugaan, Kroasia berhasil menyamakan skor 3-3 melalui gol sundulan kepala Mario Pasalic yang memanfaatkan umpan silang Orsic di menit 90+2.

Mario Pasalic merayakan gol penyeimbang 3-3.(Foto: Twitter Euro2020)
Mario Pasalic merayakan gol penyeimbang 3-3.(Foto: Twitter Euro2020)

Ini menjadi respon yang luar biasa Kroasia dari tertinggal 3-1 dan berhasil menutup laga babak kedua dengan skor imbang 3-3. Pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Dua Gol Tercipta

Di babak perpanjangan waktu pertama, Spanyol berhasil mencetak dua gol sehingga kedudukan berubah menjadi 5-3.

Gol keempat Spanyol dibuat oleh Alvaro Moratta menit ke-100 dan gol kelima Spanyol disumbang Mikel Oyarzabal di menit 103.

Dwi gol tersebut tidak mampu dibalas oleh Kroasia hingga babak perpanjangan waktu 120 menit tuntas. Skor akhir 5-3 untuk kemenangan Spanyol dan mereka berhak mendapat tiket ke perempat final.

Di babak perempat final, Spanyol akan bertemu pemenang pertandingan Prancis melawan Swiss. DIBACA JUGA Belanda dan Portugal Gagal, Lampu Kuning Buat Prancis saat Lawan Swiss

Jika Prancis atau Swiss lolos, pertandingan melawan Spanyol berlangsung di Stadion Saint Petersburg, Rusia, Jumat 2 Juli 2021 pukul 23:00 WIB.

(tdr)