Siswa Kembali Positif COVID-19, Satgas Putuskan PTMT Berlanjut

Swab antigen acak di sekolah. (Foto: Istimewa)
Swab antigen acak di sekolah. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Seorang siswa yang positif COVID-19 di SMPN 2 Kota Depok tidak membuat Satgas Penanganan berencana menunda Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, pihaknya saat ini menjalankan prosedur sesuai SOP yang ada.

Dia mengatakan, satgas telah melakukan kegiatan tracing dan testing, namun hingga kini hasilnya belum diketahui oleh satgas Kota Depok.

“Sebelumnya saya sampaikan untuk di SMP 2 ada satu kasus positif, kemarin sudah dilakukan PCR terhadap 50 kontak erat, menunggu hasilnya dalam 1-2 hari ini, nanti kalau sudah ada hasilnya dari kontak erat ini akan saya sampaikan,” papar dia dikutip Jumat 5 November 2021.

Dadang juga memastikan kegiatan PTMT di sekolah yang ada di Kota Depok tetap berjalan. Rapat evaluasi ini menurut dia juga telah dilakukan bersama forkopimda yang ada di Kota Depok.

“Kita masih menggunakan Perwal, jika ditemukan 1 kasus maka harus dilakukan mitigasi berupa penutupan sementara selama seminggu pelaksanaan PTMT dan melakukan disinfektasi, puskesmas melakukan tracing dan testing terhadap kontak erat itu yang dilakukan,” sebut dia.

Baca Juga: Omonganya Jadi Nyata, Ini Wasiat Terakhir Vanessa Angel untuk Anak

Untuk memutuskan PTMT tetap berjalan atau tidak, pihaknya menunggu arahan dari pemerintah pusat. Sambil menunggu arahan selanjutnya, pihaknya menjalankan sejumlah prosedur yang sudah diatur sebelumnya.

“Tetap kami mengimbau kepada seluruh warga terutama orang tua agar segera melakukan vaksinasi bagi warga yang belum melakukan vaksinasi, dan bagi warga bekali anaknya dengan prokes terutama etika cara menggunakan masker secara benar,” ucap Dadang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di SMPN 2 Kota Depok terpaksa harus dihentikan untuk sementara. Musababnya, karena seorang siswa ditemukan positif COVID-19. Hal itu dibenarkan Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana.

Menurut dia, saat ini proses tracing dan testing tengah dilakukan bagi mereka yang kontak erat dengan siswa tersebut. Baik itu guru maupun siswa di sekolah tersebut. “Hari ini dilakukan Swab terhadap 50 orang kontak erat,” ungkap Dadang. (lala/*)