Siapa Pemilik Singgasana Grup G? UEA atau Vietnam

Skuat UEA (kiri) dan skuat Vietnam.(Foto-foto: Twitter @uaefa, AFC)
Skuat UEA (kiri) dan skuat Vietnam.(Foto-foto: Twitter @uaefa, AFC)

DUBAI—Pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang dibarengi dengan Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal menemui puncaknya, Selasa 15 Juni 2021.

Dari dua pertandingan yang tersaji, laga Uni Emirat Arab (UEA) melawan Vietnam, paling menjadi sorotan di Grup G.

Pertandingan UEA kontra Vietnam akan berlangsung di Stadion Zabeel, Dubai, UEA, Selasa malam WIB.

Pertandingan ini disorot lantaran ketatnya persaingan UEA dan Vietnam dalam memburu gelar juara Grup G.

Melihat tabel klasemen sementara Grup G, UEA dan Vietnam sudah melakoni tujuh pertandingan. Dan pertandingan besok malam adalah laga kedelapan atau terakhir bagi mereka.

Selisih jumlah poin antara kedua tim juga tidak banyak, hanya dua angka saja. UEA yang berada di posisi kedua mengoleksi 15 poin, sementara Vietnam selaku pemuncak klasemen Grup G sudah menabung 17 poin.

UEA membutuhkan kemenangan untuk dapat mendepak Vietnam dari singgasana Grup G. Berapa pun skor akhirnya, yang penting UEA dapat tambahan tiga poin. Dengan begitu, maka poin Vietnam (17 poin) dilampaui UEA (18 poin).

Pemain UEA merayakan gol di belakang kiper Indonesia, Muhammad Riyandi (kiri).(Foto: Twitter @uaefa)
Pemain UEA merayakan gol di belakang kiper Indonesia, Muhammad Riyandi (kiri).(Foto: Twitter @uaefa)

Modal UEA menghadapi Vietnam cukup bagus. UEA membungkus tiga pertandingan terakhirnya dengan kemenangan atas Thailand (3-1), Malaysia (4-0) dan Indonesia (5-0). DIBACA JUGA: Jelang Lawan Vietnam, Van Marwijk Peringatkan UEA Jangan Terlalu PeDe

Namun bila menelan kekalahan dari Vietnam, UEA tetap berada di posisi kedua dengan 15 poin. Posisi UEA tidak akan tergeser oleh Thailand (peringkat 3) dan Malaysia (peringkat 4) yang sama-sama mengumpulkan 9 poin.

Thailand dan Malaysia juga melakoni pertandingan terakhirnya pada jam yang sama namun beda stadion. Pertandingan mereka digelar di Stadion Al-Maktoum, Dubai, UEA.

Siap Menang

Menjelang lawan UEA, grafik penampilan Vietnam lagi nanjak-nanjaknya. Tim besutan Park Hang-seo ini belum mengalami satu pun kekalahan selama bertanding di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Modal Vietnam menghadapi UEA juga bagus. Vietnam mengunci kemenangan di dua pertandingan sebelumnya melawan Indonesia (4-0) dan Malaysia (2-1).DIBACA JUGA: Que Ngoc Hai Amankan Posisi Vietnam di Puncak Klasemen Grup G

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, mengungkapkan, melawan UEA yang notabene tuan rumah Grup G adalah ujian besar untuk timnya.

Vietnam mengalahkan Malaysia.(Foto: Twitter @afc)
Vietnam mengalahkan Malaysia.(Foto: Twitter @afc)

Tapi juru taktik asal Korea Selatan itu tidak gentar, sebab dirinya telah mempelajari permainan UEA. “Saya telah menyaksikan mereka (UEA-red) bermain dengan Malaysia. Vietnam juga pernah menghadapi mereka sebelumnya,” paparnya.

Meskipun Vietnam memimpin grup, Park meyakini UEA memiliki kualitas terbaik dalam hal fisik dan keterampilan.

“Mereka lawan yang kuat. Namun, kami akan menemukan cara untuk mengatasinya. Memenangkan pertandingan,” tegas pelatih yang membesut Vietnam sejak 2017 itu.

Sekadar informasi, Vietnam berhasil mengalahkan UEA pada pertemuan pertama Grup G di Stadion My Dinh, Hanoi, tanggal 14 November 2019. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor tipis 1-0.

(tdr/*)