Siap-siap Ganti Plat Nomor Putih, Ini Jadwal Berlakunya

Ilustrasi plat nomor putih (Istimewa)
Ilustrasi plat nomor putih (Istimewa)

DepokToday- Beragam komentar diungkapkan masyarakat terkait rencana Korps Lalu Lintas yang akan menerapkan perubahan plat nomor putih kendaraan. Sebagian besar mengaku belum tahu kebijakan tersebut.

Salah satunya seperti Rudi, pemilik kendaraan asal Depok. Ia mengaku belum mendengar adanya rencana tersebut.

“Belum tahu ada rencana perubahan plat nomor putih, nantinya banyak juga ya ubahan berkendara setelah rencananya adanya penggolongan SIM C,” katanya dikutip dari Hops.id, jaringan DepokToday.com pada Sabtu, 14 Agustus 2021.

Jadwal Perubahan Plat Nomor Putih Kendaraan

Kendati informasi perubahan tersebut sudah mulai banyak tersebar dan pihak terkait sudah mulai melakuan sosialisasi, namun jadwal penerapan atas perubahan tersebut rupanya tidak akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Penggantian plat nomor kendaraan dengan dasar warna putih menjadi salah satu tujuan polisi dalam mendukung penerapan sistem tilang elektronik atau e-tilang.

Sistem pelanggaran pengguna kendaraan yang dikontrol melalui kamera yang terdapat di jalan raya, disebut tidak bisa menangkap secara baik plat nomor dengan dasar warna hitam.

Baca Juga: Heboh Baliho Arief Poyuono, Pegang Ayam Bertelanjang Dada di Depok

Polisi mengungkap alasan mengganti warna dasar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) alias pelat nomor kendaraan dari latar hitam tulisan putih menjadi latar putih tulisan hitam.

Pintu masuk kawasan Margonda, Depok (DepokToday.com)
Pintu masuk kawasan Margonda, Depok (DepokToday.com)

Peraturan warna baru ini diperkirakan berlaku mulai tahun depan, menunggu proses dan kesiapan penggantian material.

Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin, mengatakan, penggantian warna dasar bagi kendaraan sipil ini untuk memudahkan pemantauan melalui kamera CCTV.

Ia menyebut, terdapat kendala dalam mengidentifikasi plat nomor kendaraan dengan dasar warna hitam. Sehingga membutuhkan beberapa langkah untuk melakukan identifikasi salah satunya memperbesar ukuran. (rul/*)