Siap Kompak, Inovasi BKPSDM Depok Tingkatkan Pelayanan Administrasi dan Kompetensi Pegawai di Era Digital

Supian Suri.(Foto: Istimewa)

BALAI KOTA—Era digital menuntut semua pihak mengikuti perkembangan kekinian dalam berbagai aspek kehidupan. Termasuk jajaran pemerintah, khususnya dalam hal pelayanan administrasi dan kompetensi para pegawai.

Menyikapi hal tersebut, Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok melahirkan sebuah inovasi kebijakan dalam upaya meningkatkan peningkatan pelayanan administrasi dan kompetensi pegawai di era digital.

Inovasi tersebut diberi mana Siap Kompak (Sistem Administrasi Kepegawaian Dan Kompetensi Aparatur Kekinian).

“Agar seluruh perangkat daerah memahami mengenai sistem tersebut, BKPSDM Kota Depok melakukan sosialisasikan strategi peningkatan pelayanan administrasi dan kompetensi pegawai di era digital melalui Siap Kompak kepada seluruh perangkat daerah di Pemerintah Kota Depok secara virtual,” ungkap Kepala BKPSDM, Supian Suri, yang membuka kegiatan secara langsung pelaksanaan sosialisasi, beberapa waktu lalu.

Supian menjelaskan, hal yang mendasari dikeluarkannya kebijakan ini adalah dikarenakan pelayanan administrasi kepegawaian yang selama ini telah dijalankan dirasakan masih belum efektif dan efisien.

“Pelayanan yang diberikan masih sangat manual, dimana pemohon masih mengajukan berkas pelayanannya melalui unit kerjanya masing-masing. Kemudian, petugas atau penanggung jawab kepegawaian di unit organisasi memproses permohonan yang diajukan kepada BKPSDM,” ujarnya.

Dalam mekanisme pelayanan seperti ini, katanya lagi, banyak sekali didapati kendala, khususnya masalah waktu yang tidak terukur terhadap pelayanan administrasi kepegawaian di BKPSDM Kota Depok.

“Begitu juga halnya dalam hal peningkatan kompetensi aparatur sipil negara di lingkungan Pemkot Depok masih dilakukan dengan cara pembelajaran atau peningkatan kompetensi secara konvensional/tatap muka, sehingga dibutuhkan alokasi anggaran yang cukup besar. Ini menyebabkan tidak meratanya upaya peningkatan kompetensi di lingkungan Pemkot Depok,“ ucapnya.

Supian menyampaikan, dengan adanya Siap Kompak diharapkan dapat mengintegrasikan dan menyempurnakan sistem informasi kepegawaian yang sudah dimiliki BKPSDM Kota Depok.

“Mudah-mudahan ini dapat memberikan pelayanan administrasi kepegawaian yang cepat, mudah, terukur dan dapat termonitor proses pelayanan administrasi kepegawaian,” paparnya.

“Selain itu, dapat memudahkan memberikan informasi serta peluang kepada seluruh aparatur, untuk meningkatkan kompetensinya dari berbagai sumber dengan lebih efektif dan efisien,” Supian menambahkan.

(eru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here