Setelah 10 Tahun, Imigrasi Depok Akhirnya Punya Kantor Sendiri

Sekda Depok, Serahkan plakat sertifikat hibah pada pihak Kemenkum HAM. (DepokToday.com)
Sekda Depok, Serahkan plakat sertifikat hibah pada pihak Kemenkum HAM. (DepokToday.com)

DepokToday- Setelah lebih dari sekira 10 tahun berlalu, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok akhirnya menerima hibah tanah atau lahan atas bangunan tersebut dari pemerintah setempat, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Proses penyerahan sertifikat hibah atas tanah seluas sekira 2.790 meter persegi itu menjadi hadiah luar biasa karena bertepatan dengan peringatan Hari Kemenkum HAM.

Baca Juga: Lagi, Perempuan Jadi Korban Pelecehan di Angkot Depok

Kepala Sekda Kota Depok, Supian Suri mengatakan, dengan adanya penyerahan sertifikat hibah ini, diharapkan dapat menunjang kinerja jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), dalam hal ini Imigrasi Depok.

“Insya Allah mudah-mudahan ini jadi upaya bersama, khususnya rekan-rekan Imigrasi dalam memberi pelayanan yang lebih baik lagi pada masyarakat, Insya Allah,” katanya saat menyerahkan langsung sertfikat hibah tersebut di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok, di kawasan GDC.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 30 Oktober 2021: Gatot Nurmantyo Banting HP, Tuyul Pesugihan di Era Digital

Selain itu, kata Supian, pihaknya juga telah lebhi dulu menyerahkan sertifikat hibah pada sejumlah instansi lain di sekitaran GDC, seperti Kejari, serta sejumlah instansi vertikal lainnya.

“Nanti Rutan Cilodong juga sedang proses. Kalau bisa secepatnya,” tutur dia.

Supian mengaku, pihaknya baru bisa menyerahkan hibah pada tahun ini lantaran sebelumnya terbentur dengan aturan yang ada.

“Ada beberapa regulasi di awal dulu tuh, tidak bisa langsung menyerahkan. Makanya sifatnya hanya pinjam pakai, setiap per dua tahun perpanjang. Tapi alhamdulillah sekarang sudah ada ketentuan yang membolehkan. Ini sudah 10 tahun-an (di tempati),” katanya.

Tantangan Imigrasi Depok

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Barat, Sudjonggo menekankan jajarannya, bahwa fasilitas penungjang yang diberikan oleh Pemerintah Kota Depok ini diharapkan dapat membuat kinerja Imigrasi Depok lebih baik lagi.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok, Fahrul (DepokToday.com)
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok, Fahrul (DepokToday.com)

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok, Fahrul mengatakan, pada prinsipnya ia dan jajaran mengapresiasi perhatian pemerintah daerah yang bersedia menghibahkan tanahnya ini.

“Nah pointnya adalah, maka kami harus meningkatkan pelayanan publik. Sebagai informasi, kami juga pada tahun ini melaksanakan zona bebas instegritas untuk mendapatkan peringkat wilayah bebas korupsi,” katanya.

“Semoga kami bisa terus melakukan perbaikan dalam sisi pelayanan untuk masyarakat, khususnya di kota Depok,” sambungnya. (rul/*)