Serius Banget Cegah Kebakaran, Begini Antisipasi Rutan Kelas I Depok

Rutan Depok dan Damkar Depok. (Foto: Istimewa)
Rutan Depok dan Damkar Depok. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Adanya kasus kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang membuat Rutan Kelas I Depok melakukan sejumlah upaya antisipasi. Mulai dari melakukan pengecekan instalasi listrik, hingga yang terbaru, yaitu bekerja sama dengan PLN dan Dinas Damkar Kota Depok untuk mengantipasi kebakaran.

“Pagi ini Rutan Kelas I Depok gerak cepat rangkul Dinas Pemadam Kebakaran dan PLN Kota Depok,” sebut Plt Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat lewat keterangannya pada Rabu 15 September 2021.

“Kegiatan yang diwakili oleh Kasi Pengelolaan, Ewang Catur Saputra serta di dampingi Kasubsi Keuangan dan Perlengkapan, Chandra Pranelius berlangsung dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan,” tambah dia.

Dia menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, kordinasi dengan Damkar Depok dan PLN dilakukan terkait penanggulangan pencegahan tentang kebakaran maupun korsleting listrik di Rutan maupun Lapas.

“Pembahasan dari hasil pertemuan ini, bahwa Dinas Pemadam Kebakaran dan PLN Kota Depok akan dijadwalkan untuk mengadakan penyuluhan. Bagaimana antisipasi serta pencegahan adanya potensi kebakaran, baik yang ditimbulkan dari instalasi listrik maupun hal lainya,” papar dia.

Baca Juga: Pengacaranya Tak Hadir, Sidang Pelecehan Seksual Terdakwa Bruder Angelo Ditunda

Pada kesempatan ini, pihaknya juga melakukan peremajaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Kehadiran tabung pemadam kebakaran ini dinilai sangat penting sebagai upaya pencegahan dan terhindar dari penggunaan yang malfungsi.

“Semoga dengan adanya sinergi serta koordinasi dengan baik antar instansi ini bisa secara bersama-sama untuk saling bahu membahu meminimalisir berbagai gangguan yang dapat menimbulkan tidak kondusifnya keamanan dan ketertiban. Mari kita lebih tanggap dan peduli terhadap sekitar kita, karena lebih baik mencegah dari pada harus mengobati,” sebut Irvan. (lala/*)