Sering Ditemui, 5 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Usir Hama Tikus di Rumah

Hama Tikus photo: pixabay
Hama Tikus photo: pixabay

DEPOK – Tikus yang ada di rumah menjadi persoalan yang harus diatasi. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengusir binatang yang dianggap sebagian orang hama ini.

Apalagi bagi segelntir orang yang bekerja di rumah saat ini. Mungkin banyak yang merasa kesal dengan kehadiran tamu yang tidak diundang tersebut.

Cara yang biasa dilakukan untuk mengusir hewan itu, dengan memasang jebakan, atau menggunakan obat pengusir hama. Tapi, bahan alami yang biasanya tersedia di dapur ini ternyata bisa mengusir hewan itu.

Baca juga: Jokowi Resmi Berlakukan PPKM Darurat Pada 3-20 Juli 2021

Dilansir dari Nakita.id, berikut ini bahan alami yang bila dicoba dapat ampuh usir tikus.

1.Bawang Putih
Ternyata, bawang putih yang sudah dicincang dan dicampur dengan air bersih bisa membuat tikus kabur.

Cukup letakkan campuran tersebut di sela pintu dan lokasi lainnya yang dianggap menjadi tempat hewan itu masuk. Tikus bisa menjauh dari rumah.

2.Bawang bombai
Bawang bombai dipercaya bisa menjadi sayuran yang mampu menjauhkan Tikus dari dalam rumah. Tapi hati-hati ketika bawang bombai yang sudah layu dan busuk, sebab bisa menjadi racun bagi hewan peliharaan di rumah.

3.Cabai
Sisa cabai di rumah bisa digunakan sebagai pengusir Tikus selanjutnya. Caranya tidak sulit. Cukup giling kasar cabai yang ada dan kemudian tabur di posisi yang selama ini jadi jalan masuk Tikus.

4.Bubuk kentang
Bubuk ini bisa ditaruh di sudut rumah. Jika termakan oleh Tikus, zat yang ada di dalamnya bisa membuat usus Tikus bengkak dan mati setelahnya.

5.Minyak pappermint
Caranya sangat mudah, basahi kapas dengan minyak pappermint dan letakkan di setiap sudut ruangan, maka tikus tak akan masuk ke rumah karena tidak suka dengan aroma minyak pappermint. (lala/*)