Sering Dianggap Sayur, Sederet Tanaman Ini Ternyata Buah Loh

Gambar sayuran: (foto: Istimewa)
Gambar sayuran: (foto: Istimewa)

DepokToday – Masih banyak orang yang salah menyebut sejumlah tumbuhan ini termasuk dalam kategori buah atau sayur. Sebut saja misalnya tomat yang masih sering dianggap sebagai sayur.

Dari sudut pandang botani, buah merupakan mengandung biji-bijian yang mengacu pada struktur benih tanaman berbunga. Buah-buahan biasanya memiliki daging buah dan berwarna menarik.

Sementara itu, berdasarkan kamus Merriam-Webster, Segala sesuatu yang tumbuh pada tanaman dan merupakan sarana yang membuat tanaman itu mengeluarkan benihnya adalah buah.

Selain Tomat, jenis beberapa tumbuhan ini juga sering dianggap sebagai sayur, padahal merupakan buah dan malah ada juga yang merupakan bunga. Berikut ini dirangkum dari berbagai sumber:

Paprika

Yang ini sebetulnya sudah terlihat dari bentuknya yang bukan sayuran, melainkan buah.

Labu

Siapa pun yang mengunakan labu untuk Halloween pastinya melihat bahwa labu penuh dengan biji. Labu dan jenis labu lainnya secara teknis adalah buah-buahan, bukan sayuran.

Ketimun

Seperti halnya labu, ketimun juga mengandung biji-bijian.

Baca Juga: Begini Isi Surat Ryan Jombang Usai Duel dengan Habib Bahar

Kacang polong

Secara teknis, bijinyalah (polong) yang berfungsi sebagai buah karena mereka mengandung biji yang digunakan kacang polong untuk bereproduksi.

Kacang buncis

Ya, benar. Salah satu sayuran favorit Anda ini sesungguhnya tergolong buah.

Terong

Tidak hanya buah-buahan, secara teknis terong digolongkan sebagai beri.

Okra

Kaya serat, potasium, dan vitamin C, okra adalah salah satu buah yang paling bergizi.

Jagung

Jagung diperlakukan seperti biji-bijian dalam pertanian dan seperti sayuran di dapur. Tetapi secara ilmiah, tak satu pun dari kategori itu benar. Biji pada jagung adalah benih yang digunakan tanaman jagung untuk bereproduksi, sehingga memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai buah.

Timun Jepang

Timun Jepang (zucchini) adalah anggota keluarga labu, yang berarti seperti halnya ketimun dan labu, timun Jepang dianggap sebagai sejenis beri.

Kacang merah

Seperti halnya kacang polong, kacang merah adalah anggota dari keluarga kacang-kacangan, dengan biji yang befungsi sebagai buah.

Kacang Chickpea

Contoh lainnya adalah kacang chickpea atau garbanzo. Kita biasanya tidak melihatnya di dalam biji mereka, tetapi chickpea diklasifikasikan dengan cara yang sama seperti kacang polong dan kacang merah.

Brokoli

Kalau brokoli bukanlah masuk golongan sayur maupun buah, tapi tumbuhan ini adalah bunga. Ini karena pada brokoli tangkai besarnya tidak bisa dimakan, dan hanya bagian bunganya.

Kembang kol dan kubis

Meskipun tampaknya mereka tidak seperti bunga, karena warnanya yang tidak cerah, tapi kedua tumbuhan ini juga bisa melengkapi meja makan dan bervitamin. (lala/*)