Seribu Vaksin Gratis dari Projo Depok Untuk Warga

DPC Projo Depok menyelenggarakan vaksinasi massal pada 5 dan 6 Agustus 2021 di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Foto: Istimewa
DPC Projo Depok menyelenggarakan vaksinasi massal pada 5 dan 6 Agustus 2021 di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Foto: Istimewa

DepokToday – Relawan Pro Jokowi atau Projo Kota Depok melakukan vaksinasi massal gratis kepada seribu warga masyarakat yang bertempat di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Projo Depok, Aan Rusdianto mengatakan, kegiatan yang dilakukan selama dua hari yakni 5 dan 6 Agustus 2021 itu sebagai upaya membantu pemerintah dalam menyebarkan vaksin COVID-19.

“Pelaksanaan vaksinasi bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah COVID-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh,” kata Aan dalam siaran persnya, Minggu 8 Agustus 2021.

Sebagai pelaksanaannya, Aan mengatakan, Projok Depok menggandeng Kementerian Kesehatan, Polri, serta pihak swasta dan menamakan kegiatannya sebagai ‘Gerakan Nasional Percepatan Vaksinasi COVID-19. Vaksin Gratis Untuk Rakyat’.

Baca Juga: Projo Depok Bagikan 24 Ribu Masker Gratis Kepada Masyarakat

“Projo  sangat peduli dengan kondisi yang dihadapi masyarakat dan pemerintah saat ini. Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam menangani pandemi COVID-19,” kata dia.

Lebih lanjut, Aan mengatakan, pemerintah memiliki target vaksinasi 2 juta dosis setiap harinya, untuk itu kolaborasi berbagai pihak menjadi faktor penting dalam percepatan vaksinasi COVID-19.

“Apabila semua pihak terlibat, mulai dari pemerintah, TNI, Polri, swasta, komunitas, sampai masyarakat, kekebalan kelompok (herd immunity) sebagai tujuan vaksinasi nasional ini akan segera terwujud,” kata dia.

Selain itu, data dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19 yang menyebut kalau Kota Depok memiliki kasus aktif tertinggi se Indonesia, juga membuat Projo Depok tergerak untuk segera menggalakkan vaksinasi.

“Kami, Projo Depok dalam hal ini menghimbau khususnya Pemkot Depok, bahu membahu dalam akselerasi percepatan vaskinasi ini, mari kita bergandengan tangan mensukseskan program nasional ini guna menuju kekebalan kelompok (herd immunity),” kata Aan.

Ketua pelaksana kegiatan vaksinasi Projo Depok, Abdulrahman menambahkan, antuisme masyarakat Depok untuk ikut vaksinasi sangat besar, untuk mendapatkan quota 1000 orang hanya dalam 3 hari pendaftaran sudah terpenuhi.

“Banyak yang kami tolak karena memang target per kegiatan adalah 1000 orang. Ini juga mengidikasikan di Depok masih banyak yang belum terlayani vaksinasi,” katanya. (ade/*)