Sempat Ditutup Akibat COVID, Margo City Akhirnya Buka Lagi

0
116

MARGONDA– Pusat perbelanjaan Margo City, Depok, Jawa Barat akhirnya kembali dibuka pada Rabu, 26 Agustus 2020. Sebelumnya, mall ini sempat ditutup selama 10 hari akibat temuan kasus COVID-19 di salah satu tenant.

          Terkait hal itu, pihak Margo City bersama tim gugus tugas pun telah gencar melakukan penanganan, di antaranya sterilisasi area mall dan pemeriksaan pegawai.

“Hal itu (sterilisasi) sudah kami lakukan secara total dari mulai tanggal 19 sampai 25 Agustus, baik itu mandiri maupun kerjasama dengan pihak gugus tugas,” kata Marcom Manager Margo City, Reza Ardiananda saat ditemui awak media

Tak hanya itu, Reza juga mengaku pihaknya telah mengeluarkan kebijakan tegas untuk para pegawai di lingkungan Margo City.

“Yang masuk nanti ke area Margo City adalah pegawai pegawai yang memiliki hasil non reaktif rapid test.”

          Khusus Giant, kata Reza telah memiliki jalur sendiri. “Tapi kalau karyawan yang lain kita masih menggunakan jalur depan dan belakang. Tapi yang bisa kita pastikan semua yang masuk ke Margo City akan melalui skrining temperatur dan wajib masker.”

          Lebih lanjut dirinya mengaku telah melakukan evaluasi terkait kasus tersebut. “Kami meningkatkan koordinasi dengan semua pihak tenant terutama mengenai kesehatan status mereka, sehingga hope fully kita dapat melawan musuh yang tidak terlihat ini,” ujarnya

Jaminan Giant

          Sementara itu, Diky Risbianto selaku Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk menyatakan bahwa disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan merupakan kunci untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Sebagai bentuk komitmen dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan berbelanja bagi pelanggan maupun karyawan, berbagai tahapan protokol kesehatan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus, bahkan selama 10 hari tutup gerai, pembersihan secara rutin tetap dilakukan agar gerai siap untuk dibuka kembali,” katanya

Proses dekontaminasi dan disinfektan sendiri telah dilakukan sebanyak dua kali untuk seluruh area toko Giant di Margo City, pada 5-6 Agustus 2020, dan 22 Agustus 2020 lalu melalui berbagai tahapan proses sesuai dengan yang dianjurkan dinas terkait.

Pertama, pemilahan produk untuk disimpan dengan metode double layer wrapping, selanjutnya produk seperti buah-buahan dan sayur dibuang untuk meminimalisir kontak dengan wabah.

Proses dekontaminasi juga dilakukan pada semua ruangan tahap 1 dengan chemical precept – MSDS, dan packing product yang berada display di rak/gondola.

Disinfektan juga dilakukan pada seluruh area serta deep cleaning semua hard surfaces, pemberian disinfectant cleaner secara bertahap untuk mesin pendingin serta lakukan sanitizer product di dalamnya.

Diky menegaskan, sejak awal Giant telah berkomitmen untuk patuh pada prosedur penanganan dan antisipasi penyebaran virus COVID-19, sesuai peraturan Pemerintah di setiap gerainya, termasuk Giant Ekstra Margo City.

Dalam melakukan kegiatannya, Giant Ekstra Margo City juga telah memberlakukan kebijakan upaya pencegahan seperti, melengkapi karyawan dengan alat perlindungan diri seperti masker dan sarung tangan latex food grade, menyediakan hand sanitizer di area penjualan dan kasir, adanya pengecekan suhu tubuh untuk karyawan dan konsumen.

Kemudian, pihak manajemen juga secara berkala melakukan pembersihan dengan disinfektan untuk area-area rentan tersentuh. Tak hanya itu, Diky juga menyebut pihaknya memberlakukan jam khusus untuk lansia, ibu hamil, ibu membawa anak, serta disabilitas pada hari Selasa dan Kamis pagi.

“Kami juga mengubah jam operasional toko sesuai peraturan pemerintah yang berguna untuk para karyawan agar dapat mempergunakan waktu untuk

istirahat lebih panjang, melakukan layanan dengan menggunakan WhatsApp dan media online lainnya.”

Bagi Giant keamanan dan kenyamanan pelanggan berbelanja serta karyawan yang melayani ditanggapi manajemen sebagai hal yang serius.

“Kami memastikan bahwa semua prosedur dan tahapan proses pencegahan telah dilakukan saat gerai kami beroperasi dan semuanya berjalan sesuai dengan standar protokol kesehatan yang dianjurkan,” kata Diky

          Untuk diketahui, Margo City sempat ditutup secara keseluruhan selama 10 hari. Ini setelah adanya temuan kasus COVID pada pegawai Giant di area mall tersebut. Selama penutupan itu, pihak manajemen bersama gugus tugas mengaku telah melakukan berbagai upaya maksimal terkait penanganan, sebelum akhirnya dibuka kembali pada Rabu 26 Agustus 2020. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here