Selain Ular, Warga Depok Juga Diresahkan Tawon Vespa

Sarang tawon ndas atau tawon vespa (istimewa)

DEPOK– Selain ular, warga Depok, Jawa Barat juga mulai dibuat resah dengan kemunculan sarang tawon ndas atau yang biasa disebut tawon vespa. Kasus itu belum lama ini ditemukan di dua wilayah berbeda di kota tersebut.

“Laporan  adanya sarang tawon di rumah warga sehari bisa dua dan tiga lokasi yang berbeda. Kemarin saja ada dua lokasi, sekarang (hari ini ) sudah ada satu laporan,” kata Komandan Peleton Operasional Pemadam dan Penyelamatan (DPKP) Depok Merdy Setiawan, Rabu 18 Desember 2019

Menurut Merdy, keberadaan sarang tawon vespa sangat berbahaya bagi masyarakat, karena racun tawon ini cukup mematikan bila tersengat ke tubuh manusia dalam jumlah banyak.

Tentunya saat melakukan evakuasi sarang tawon kata dia, anggota DPKP Depok tidak sembarangan dan memilih waktu pada malam hari karena aktifitas pergerakan tawon menurun dan tidak terlalu agresif. “Kami biasanya eksekusi sarang tawon malam, untuk keselamatan petugas,” jelasnya

Dalam eksekusi sarang tawon para petugas menggunakan Alat Perlindung Diri (APD). Tujuanya agar saat eksekusi sarang tawon tubuh petugas dari kepala sampai kaki aman dari sengat hewan itu.

“Kita pakai APD seperti APD kebakaran. Tapi ini lebih aman ke tubuh petugas dari kepala sampai kaki. Kalau kostum yang ada di pasaran itu untuk lebah madu, tapi kalau tawon vespa atau tawon api kami menggunakan APD seperti APD Kebakaran,” ucap Merdy

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, cara yang cukup ampuh untuk menghancurkan sarang tawon vespa ialah dengan menyemprotkan solat atau pertamax. Sebelumnya, lubang lainya disumpal dengan kain atau benda lain yang bisa buat menyumpal lubang sarang tawon.

“Menyemprotkan solar atau pertamak langsung kelubang sarangnya dengan menyumpal lubang lainnya. Agar tidak ada yang kabur , dengan alat yang kami buat sendiri. Tapi bila sulit dijangkau lokasinya, kami langsung bakar melalui lubangnya, itu pun dengan alat yang kami modifikasi sendiri.”

Petugas UPT Bojongsari berhasil mengamankan sarang tawon vespa (istimewa)

Berdasarkan data DPKP, sudah ada dua laporan terkait kasus tersebut. Diantaranya di kawasan Gang Ceplik, Kecamatan Cipayung dan di sebuah rumah makan di wilayah Bojongsari.

“Alhamdulillah sarang tawon yang ada di rumah makan di Bojongsari sudah berhasil kami amankan,” kata UPT DPKP Bojongsari, Hermawan (rul/*)

1 KOMENTAR

  1. Vespa ya artinya tawon,,berasal dari bahasa italia…jenis tawon vespa ga ada…bisa2 ke depanny nti ada tawon beat atau vario..tlg di ralat lg jenis2 tawon,,info bs dpt di natgeo or discovery animal..trims.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here