Selain Qatar, Sembilan Tim Eropa Ini Sudah Jadi Peserta Piala Dunia 2022

Trofi Piala Dunia.(Foto: Twitter Piala Dunia 2022)
Trofi Piala Dunia.(Foto: Twitter Piala Dunia 2022)

DepokToday-Sembilan tim asal Eropa telah resmi menjadi peserta Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Mereka adalah juara grup pada babak kualifikasi.

Hingga Selasa, 16 November 2021, sembilan tim yang sudah lolos otomatis ke Piala Dunia tahun depan itu antara lain, Belgia, Kroasia, Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, Serbia, Spanyol, dan Swiss.

Dan pada Rabu 17 November 2021 dini hari WIB, satu tiket lagi akan diperebutkan oleh tiga tim di Grup G yakni Belanda, Norwegia, dan Turki.

BACA JUGA: Argentina di Ambang Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar

BACA JUGA: Brasil, Tim Amerika Selatan Pertama yang Lolos ke Piala Dunia 2022

BACA JUGA: Hasil Lengkap Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Belgia

Meski masih menyisakan satu pertandingan lagi, Belgia sudah memastikan diri maju ke Piala Dunia 2022. Tim peringkat satu dunia itu tampil sebagai juara Grup E dengan 19 poin.

Dipertandingan terakhi grup pada Rabu, 17 November 2021 dini hari WIB, Belgia akan menghadapi Wales yang saat ini berada di posisi dua klasemen.

Jika menang melawan Wales, pundi-pundi poin Belgia bertambah tiga menjadi 22 poin.

Pemain Kroasia bergembira setelah memenangkan pertandingan melawan Rusia.(Foto: Twitter/European Qualifiers)
Pemain Kroasia bergembira setelah memenangkan pertandingan melawan Rusia.(Foto: Twitter/European Qualifiers)

Kroasia

Kroasia mengamankan tempat mereka di Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 1-0 atas Rusia di Stadion Poljud, Minggu, 14 November 2021.

Gol bunuh diri dari pemain Rusia, Fedor Kudryashov, pada menit 81 menguntungkan Kroasia sehingga menjuarai Grup H.

Denmark

Denmark menyudahi babak kualifikasi Grup F dengan gemilang. Tim Dinamit menjadi jawara grup dengan selisih empat angka dari Skotlandia di urutan dua klasemen.

Dari sepuluh laga, Denmark meraih sembilan kemenangan dan satu kali kekalahan. Satu-satunya hasil minor Denmark ketika bersua Skotlandia (0-2) di Hampden Park, Selasa 16 November 2021 dini hari WIB.

Inggris

Inggris melenggang ke Piala Dunia 2022 di Qatar usai membantai San Marino dengan skor 10-0 dalam pertandingan akhir kualifikasi Grup I, Selasa 16 November 2021.

Inggris menjuarai Grup I dengan 26 poin sekaligus lolos otomatis ke Qatar tahun depan.

The Three Lions belum tersentuh kekalahan selama mengarungi pertandingan kualifikasi. Inggris membungkus delapan kemenangan dan dua kali hasil seri dari sepuluh bertanding.

Para pemain Prancis berkumpul merayakan gol.(Foto: Twitter/Equipe de France)
Para pemain Prancis berkumpul merayakan gol.(Foto: Twitter/Equipe de France)

Prancis

Sama seperti Belgia, Prancis juga sudah lolos langsung ke Piala Dunia 2022 meskipun masih menyisakan satu pertandingan.

Juara Piala Dunia 2018 itu membukukan tempat mereka di Piala Dunia 2022 dengan menggunduli Kazakhstan 8-0 di Parc des Princes, Sabtu 13 November 2021.

Prancis memuncaki Grup D, meninggalkan Finlandia dan Ukraina yang akan memperebutkan posisi kedua untuk lolos Piala Dunia lewat babak play-off.

Walaupun sudah lolos, Prancis akan menjalani pertandingan terakhir melawan Finlandia di Helsinki, Rabu dini hari nanti WIB.

Jerman

Tergabung di Grup J, Jerman tidak menemui kesulitan untuk menjadi sang pemenang grup. Tim Panser yang mengoleksi 27 poin tampil sebagai juara Grup J, dan hanya menelan satu kali kekalahan.

Jerman sekali tergelincir di kandang sendiri saat menjamu Makedonia Utara (1-2), tanggal 1 April 2021.

Aleksandar Mitrovic (telanjang dada) berlari usai mencetak gol penentu kemenangan Serbia atas Portugal.(Foto: Twitter/European Qualifier)
Aleksandar Mitrovic (telanjang dada) berlari usai mencetak gol penentu kemenangan Serbia atas Portugal.(Foto: Twitter/European Qualifier)

Serbia

Serbia harus berterima kasih kepada Aleksandar Mitrovic. Penyerang 27 tahun itu mencetak gol penentu kemenangan Serbia ketika melawan Portugal.

Golnya di menit 90 merubah skor menjadi 1-2, setelah sebelumnya tertinggal 1-0 lewat gol Renato Sanches pada menit 2, kemudian sempat disamakan 1-1 oleh Dusan Tadic di menit 33.

Dengan hasil itu Serbia lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2022 karena tampil sebagai juara Grup A dengan 20 poin.

Spanyol

Sebuah gol terlambat dari pemain pengganti Alvaro Morata membuat Spanyol mendapat tiket lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Morata mencetak gol pada menit 86 yang membuat Spanyol menang melawan Swedia 1-0 di pertandingan kualifikasi Grup B di Stadion Olimpiade Sevilla, Senin 15 November 2021 dini hari WIB.

Kemenangan itu mengantarkan Spanyol menjadi juara Grup B dengan 19 poin dan berhak mendapat tiket tampil di Piala Dunia tahun depan.

Swiss

Drama terjadi di Grup C. Hasil imbang tanpa gol Italia dengan Irlandia Utara menjadi berkah bagi Swiss yang menang atas Bulgaria 3-0 di Swissporarena, Selasa 16 November 2021 dini hari WIB.

Swiss menjuarai Grup C dengan total 18 poin, terpaut dua angka dengan Italia di posisi runner-up. Dengan hasil tersebut, Swiss merebut tiket putaran final Piala Dunia tahun depan.

(tdr)