Sejumlah Pakar Berbagi Tips Jitu Anak Cerdas di Kala Pandemi, Simak Ini

Tips jitu anak cerdas bersama Hops.ID. (DepokToday.com)
Tips jitu anak cerdas bersama Hops.ID. (DepokToday.com)

DEPOK- Untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 23 Juli 2021, Hops.ID, jaringan DepokToday.com mengadakan webinar bertajuk Anak Indonesia Cerdas di Era Pandemi.

Kegiatan yang bakal berlangsung secara virtual itu akan mengupas berbagai sisi soal anak-anak di kala pandemi COVID-19, utamanya saat beradaptasi dengan kebiasaan baru seperti belajar online.

Seperti diketahui, pandemi ini telah mengubah banyak hal. Sudah setahun lebih anak-anak Indonesia tak pernah sekolah tatap muka langsung dengan guru maupun teman-temannya. Semua belajar dari rumah.

Meski sudah satu tahun lebih, pembelajaran jarak jauh secara daring juga masih terasa menantang bagi banyak pihak. Hilangnya waktu belajar dalam periode yang cukup lama dikhawatirkan bisa membuat murid gagal memenuhi standar pengetahuan.

Kompetensi yang perlu diraih untuk tingkat kelasnya juga jadi makin sulit terkejar. Belum lagi, pandemi telah membuat banyak orang tua anak hilang pekerjaan.

Padahal kehilangan pendapatan secara mendadak dapat mengancam kekurangan gizi dan pendidikan bagi anak-anak.

“Jika kita tidak bertindak dari sekarang, anak-anak di seluruh Indonesia akan terus merasakan dampaknya selama bertahun-tahun ke depan,” kata Debora Comini, perwakilan UNICEF untuk Indonesia dalam laporannya dikutip pada Jumat 23 Juli 2021.

Soal lain, stunting, gangguan pertumbuhan anak karena kurang gizi kerap menjadi hantu, apalagi saat pandemi ini. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dalam Kata Data Regional Summit sudah mensiratkan masalah itu.

“Masa depan bangsa kita berada di tangan 80 juta anak Indonesia (BPS, 2019). Maka, dapat kita bayangkan pentingnya pemenuhan hak anak demi kualitas sumber daya di masa depan,” katanya.

Menyikapi hal itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) telah melakukan berbagai upaya dalam mempercepat pencegahan stunting, yaitu memberlakukan mekanisme fleksibilitas bekerja dari rumah bagi perempuan yang mempunyai anak usia di bawah 3 tahun, agar dapat memperhatikan kebutuhan gizi seimbang bagi tumbuh kembang anak.

Bagaimanapun, pandemi COVID-19 telah membawa pelajaran berharga. Para orang tua dituntut untuk tetap mendidik anak-anak, serta memberi pelajaran supaya anak tetap cerdas meski hanya belajar dari rumah.

Tips Jitu Bikin Anak Cerdas

Persoalan-persoalan itu akan dibahas dalam satu webinar bertajuk Anak Indonesia Cerdas di Era Pandemi, yang akan diadakan pada hari ini, 23 Juli 2021 pukul 15.00 WIB. Webinar yang diadakan Hops.ID tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yang mumpuni di bidangnya.

Mereka adalah Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Pendidikan Kementerian PPPA, Dr. Entos Zainal, SP, MPHM, kemudian Associate Psychologist di Sadari.id, Aditya Gunawan, M.Psi., serta Founder Wajah Bunda Indonesia, Fiki Maulani Kursidi. Webinar tersebut akan dipandu oleh moderator dari Hops.ID, Cesaria Hapsari.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut soal webinar Anak Indonesia Cerdas di Era Pandemi, Anda bisa mengikuti media sosisal Hops.ID di @hopsindonesia (Instagram, Twitter dan YouTube) dan Hops.ID (Facebook dan TikTok) atau ikuti langsung acaranya di link: https://zoom.us/j/92322652985?pwd=WUdudm9iVk90NFNmVWpqWGFEblFkQT09 pada pukul 15:00 WIB. (rul/*)