Sejumlah Daerah Turun Level Sebaran COVID. Satgas: Jangan Lengah

Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers secara virtual, Kamis 22 Juli 2021. Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden.
Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers secara virtual, Kamis 22 Juli 2021. Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden.

DepokToday – Sejumlah daerah mengalami penurunan status zona penyebaran Corona. Meski begitu, satgas COVID-19 pusat meminta kepala daerah jangan lengah, tetap melakukan pengawasan ketat kepada warganya agar tidak terjadi kembali peningkatan kasus.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito berharap bagi daerah yang turun level jangan berpuas diri dan tidak lengah karena penularan COVID-19 masih terjadi. Dia tetap meminta pengawasan ketat dilakukan pemerintah daerah.

“Sedangkan bagi yang telah menunjukkan perkembangan yang baik, untuk tidak cepat berpuas diri melainkan konsisten melakukan pengendalian yang baik,” kata Wiku disitat dari situs covid-19.go.id, pada Kamis 12 Agustus 2021.

Saat ini menurut dia, dari total 128 kota atau kabupatren di Jawa dan Bali, masih ada 71 kota dan kabupaten yang berada pada level 4, sedangk untunk di luar Jawa dan Bali, ada 45 kota atau kabuparten.

Baca Juga: Ini Empat Makanan Bergizi yang Bikin Pasien COVID Cepat Sembuh

Khusus Jawa – Bali sendiri dalam seminggu terakhir terdapat 1 kabupaten/kota yang turun dari level 3 ke 2 dan 26 kabupaten/kota yang turun dari level 4 ke 3.

Sedangkan untuk wilayah Non Jawa – Bali dalam seminggu terakhir terdapat 6 kabupaten/kota yang turun dari level 3 ke 2 dan 28 kabupaten/kota yang turun dari level 4 ke 3.

“Kedepannya, pemerintah berharap hasil evaluasi mingguan ini dapat meningkatkan motivasi di setiap daerah. Untuk terus meningkatkan kualitas pengendalian COVID-19,” pungkas Wiku. (lala/*)