Sehat di Usia Tua dengan Rajin Konsumsi 4 Vitamin Ini

Ilustrasi memelihara kesehatan jantung. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi memelihara kesehatan jantung. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Sehat di usia muda dan juga tua menjadi dambaan setiap orang. Namun tentunya tidak mudah untuk merengkuh semua itu. Sejumlah vitamin ternyata mampu menyehatkan masa tua Anda.

Selain bisa didapatkan melalui makanan sehari-hari, vitamin ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Melansir dari Suara.com, berikut ini empat vitamin yang menurut penelitian dapat menjaga tubuh sehat hingga di usia tua.

1.Vitamin D

Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin D juga membantu tubuh menyerap kalsium, yang dapat membangun kepadatan tulang.

Inilah yang dibutuhkan ketika sudah memasuki usia tua, yang mana risiko mengalami osteoporosis tinggi.

Selain itu, vitamin D juga penting untuk metabolisme otot, yang menurun seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Toyota Resmi Luncurkan All New Avanza dan Veloz Generasi Terbaru, Segini Harganya

2.Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan, yang baik untuk sistem kekebalan. Sifat antioksidan ini dapat menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan di seluruh tubuh.

Selain itu, vitamin C juga sangat penting untuk produksi kolagen, salah satu protein yang membuat kulit tampak lebih muda.

Baca Juga: Lagi, Warga Sipil Jadi Korban Perang Antara KKB dan TNI Polri

3.Vitamin K

“Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin K adalah kofaktor vital dalam mengaktifkan beberapa protein, yang bertindak melawan sindrom terkait usia,” tulis para peneliti.

Manfaat lain dari vitamin K juga untuk mencegah pengerasan arteri dan penyakit jantung, meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan sensivitas insulin serta melawan kanker.

4.Vitamin E

Ini adalah antioksidan lain yang juga melindungi sel dari stres oksidatif dan kerusakan. Beberapa penelitian menemukan vitamin E memiliki manfaat neuroprotektif, membantu menjaga otak tetap sehat dan berpikiran tajam. Ini sangat dibutuhkan di masa tua nanti. (lala/*)