Sederet Penghargaan di Piala Emas 2021, Ini Para Pemenangnya

Piala Emas Concacaf.(Foto: Twitter Gold Cup)
Piala Emas Concacaf.(Foto: Twitter Gold Cup)

DepokToday—Selain pencetak gol terbanyak turnamen, sederet penghargaan juga diberikan kepada pemain dan tim yang telah berlaga di Piala Emas 2021.

Almoez Ali menjadi top skor Piala Emas Concacaf 2021.(Foto: Twitter Concacaf)
Almoez Ali menjadi top skor Piala Emas Concacaf 2021.(Foto: Twitter Concacaf)

Dikutip dari concacaf.com, penghargaan yang diberikan kepada pemain antara lain top skor, pemain terbaik, gol terbaik turnamen, semangat bertarung, pemain termuda, dan kiper terbaik.

Amerika Serikat menjadi tim fair play di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Amerika Serikat menjadi tim fair play di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Sementara penghargaan untuk tim peserta Piala Emas 2021 hanya satu, yakni fair play yang diberikan kepada Amerika Serikat, tim tuan rumah sekaligus juara turnamen tahun ini.

Meksiko

Pemain terbaik turnamen jatuh kepada pemain Meksiko, Hector Herrera. Mesin lini tengah Meksiko ini membawa timnya ke final Piala Emas 2021.

Hector Herrera.(Foto: Twitter Gold Cup)
Hector Herrera.(Foto: Twitter Gold Cup)

Sebagai hasil dari penampilannya yang luar biasa, Herrera telah mendapatkan Penghargaan Pemain Terbaik Scotiabank. Gelandang itu tampil di semua enam pertandingan untuk timnya, mencetak satu gol dan memberikan dua assist.

Amerika Serikat

Matt Turner dari Amerika Serikat (AS) dinobatkan sebagai pemenang Penghargaan Kiper Terbaik Piala Emas Concacaf 2021 yang dipersembahkan oleh Allstate.

Matt Turner.(Foto: Twitter Gold Cup)
Matt Turner.(Foto: Twitter Gold Cup)

Pemain berusia 27 tahun itu tampil di semua enam pertandingan untuk timnya, mencatatkan 26 penyelamatan yang luar biasa, kebobolan hanya satu gol, dan mencatatkan lima clean sheet.

AS tidak akan mengangkat Piala Emas tanpa penampilannya. Turner adalah bintang penjaga gawang untuk New England Revolution di Major League Soccer.

Kanada

Tajon Buchanan dari Kanada telah terpilih sebagai penerima Penghargaan Pemain Muda Piala Emas Concacaf 2021 yang dipersembahkan oleh Scotiabank.

Tajon Buchanan.(Foto: Twitter Gold Cup)
Tajon Buchanan.(Foto: Twitter Gold Cup)

Gelandang itu adalah katalis untuk perjalanan mengesankan Kanada ke semifinal, mencetak gol dan menambahkan assist dalam lima pertandingan untuk The Reds.

Buchanan, 22 tahun, adalah tokoh yang menonjol dalam Revolusi New England di Major League Soccer.

El Salvador

Bryan Tamacas telah memenangkan Penghargaan Semangat Tempur Piala Emas Concacaf 2021 yang dipersembahkan oleh Modelo untuk semangat juang yang ditunjukkan dalam pertandingan perempat final El Salvador melawan Qatar.

Tertinggal 3-0 di babak kedua, El Salvador melakukan upaya comeback yang mengesankan yang dimulai dengan gol Joaquin Rivas di menit ke-63 untuk membuat skor menjadi 3-1.

Bryan Tamacas.(Foto: Twitter Gold Cup)
Bryan Tamacas.(Foto: Twitter Gold Cup)

Kemudian disusul dengan permainan di menit ke-66 dari Tamacas yang membuat para penggemar berdiri di dalam State Farm Stadium di Glendale, Arizona.

Seorang bek Qatar dengan bola tampak siap untuk menghindari segala jenis bahaya dari serangan Salvador, tetapi Tamacas tidak pernah menyerah pada permainan dan memenangkan kepemilikan dengan tekel yang tepat waktu, memungkinkannya untuk memberi kesempatan Rivas menciptakan gol kedua El Salvador malam itu.

Sementara upaya comeback El Salvador gagal dengan skor akhir 3-2, semangat kompetitif yang ditunjukkan oleh Tamacas akan menjadi salah satu gambaran abadi dari Piala Emas 2021.

Jamaika

Bobby Reid dinobatkan sebagai pemenang Concacaf Gold Cup Goal of the Tournament 2021 yang dipersembahkan oleh Toyota.

Gol fantastis Reid terjadi pada menit ke-26 dari kemenangan 2-0 Jamaika atas Suriname dalam pertandingan pembuka Grup C di Exploria Stadium di Orlando, Florida.

Bobby Reid.(Foto: Twitter Gold Cup)
Bobby Reid.(Foto: Twitter Gold Cup)

Dengan Jamaika memimpin 1-0 dan menyerang, sebuah bola panjang dimainkan ke depan, hanya untuk bek Suriname yang menanduk bola dengan harapan membersihkan bahaya.

Sebaliknya, itu jatuh dengan sempurna untuk Reid, yang mengunci bola dan melepaskan tendangan voli kaki kanan yang melesat melewati kiper Suriname, Warner Hahn, dan bola pun masuk ke gawang. Goool.

(tdr/Sumber: Concacaf.com)