Sederet Pelonggaran Aturan PPKM Level 4, Begini Aturannya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 dalam konferensi pers virtual, Minggu 25 Juli 2021. Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 dalam konferensi pers virtual, Minggu 25 Juli 2021. Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

DepokToday – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4 resmi ditetapkan hingga 2 Agustus. Meski begitu, sejumlah pelonggaran aturan dilakukan dalam perpanjangan kebijakan ini.

Salah satu pelonggaran aturan yang diambil, ialah soal warung makan dan lapak jajanan boleh membuka dan menerima pengunjung dengan durasi maksimal 20 menit.

Presiden Joko Widodo menyampaikan hal tersebut dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

“Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan prokes yang ketat, sampai pukul 21.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit,” sebut dia dikutip Senin 26 Juli 2021.

Baca juga: Perpanjang PPKM Level 4, Alasan Jokowi: Varian Delta Sangat Menular

Pada perpanjangan PPKM Level 4, pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai dengan pukul 15.00.

Untuk pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis juga diziinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Dengan usaha keras kita bersama Insya Allah kita bisa segera terbebas dari Covid-19 dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” sebut dia. (lala/*)