SBY Divonis Idap Kanker Prostat, Begini Respon Jokowi

SBY main gitar (Foto: Istimewa)
SBY main gitar (Foto: Istimewa)

DepokToday- Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan menderita penyakit Kanker Prostat dan akan menjalani pengobatan di luar negeri. Informasi tersebut langsung direspon Presiden Jokowi.

Melansir Hops.id jaringan DepokToday.com, staf pribadi SBY, Ossy Dermawan mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh ayah dari AHY itu masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

Oleh sebab itu, sesuai dengan kondisi kesehatan Susilo Bambang Yudhoyono saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Susilo Bambang Yudhoyono.

Alasan SBY berobat ke luar negeri

Usai melakukan konsultasi dengan Tim Dokter Indonesia, SBY pun disarankan untuk melakukan pengobatan ke luar negeri dengan pertimbangan pengalaman dan teknologi yang lebih memumpuni dalam penanganan kanker prostat.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Fakta Menarik Si Pitung

Ossy mengatakan, ketua tim dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan SBY via telemedicine, setelah mempelajari semua data kesehatan Susilo Bambang Yudhoyono, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita petinggi Demokrat tersebut.

“Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” jelasnya, pada Selasa, 2 November 2021.

Tanggapan Jokowi

Terkait perizinan, pihaknya mengklaim SBY sudah menelpon secara langsung Presiden Joko Widodo untuk meminta izin ke luar negeri.

“Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri,” kata Ossy.

Baca Juga: Tragis, Janda Depok Tewas Gantung Diri Akibat Utang Pinjol

Lebih lanjut Ossy mengungkapkan, Jokowi pun langsung memberikan respons baik terhadap rencana pengobatan ke luar negeri SBY.

Tim dokter kepresidenan pun turut akan mendampingi SBY selama di luar negeri.

“Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut,” katanya. (rul/*)