Satu Napi Teroris yang Berulah di Depok Ikut Tewas di Lapas Tangerang

Korban tewas kebakaran di Lapas Tangerang (Istimewa)
Korban tewas kebakaran di Lapas Tangerang (Istimewa)

DepokToday- Kebakaran besar melanda Lapas Kelas 1 Tangerang. Peristiwa ini menyebabkan sebanyak 41 napi tewas serta puluhan orang lainnya luka berat dan ringan pada Rabu pagi, 8 September 2021.

Dari salah satu korban yang tewas itu diketahui adalah Diyan Adi Priyana, narapidana kasus terorisme.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, sebanyak 41 napi yang tewas di Lapas Kelas I Tangerang itu sudah dievakuasi semua. Demikian juga dengan napi luka berat dan ringan.

Untuk napi luka ringan dirawat di poliklinik Lapas, sedangkan napi yang luka berat dilarikan di RSUD Tangerang.

Profil Napi Teroris yang Tewas di Lapas Tangerang

Napi terorisme atas nama Diyan Adi Priyana bin Kholil merupakan terpidana kasus terorisme yang terlibat aksi teror di Cimanggis, Depok pada 2005 dan dibekuk di Cisauk Tangerang pada 2016.

Dikutip dari tvOne, Diyan merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Tangerang. Diyan mendekam di blok C, Lapas Klas I Tangerang yang terbakar Rabu dini hari. Padahal blok C merupakan blok untuk narapidana narkoba.

Sebelumnya Kakanwil Kemenkum HAM Banten, Agus Toyib mengatakan, sumber api berasal dari Blok C2. Agus mengatakan identifikasi sementara satu napi teroris yang tewas adalah napi terorisme di Poso, Sulawesi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan kebakaran terjadi sekitar Rabu dini hari pukul 02.30 8 September 2021. Kebakar terjadi di blok C2 yang mana terdapat 122 napi. Api kemudian bisa dipadamkan pada pukul sekitar 03.30 subuh.

Baca Juga: Satu Setengah Tahun Jadi Jubir COVID-19, Dadang Wihana Dapat Jabatan Baru

Yusri mengatakan dari 122 napi dari 19 kamar yang terbakar di Blok C2 itu, 41 napi meninggal dunia dan puluhan luka serta 8 napi mengalami luka berat.

“Ada 8 luka berat di RSUD tangerang, sisanya luka ringan sekarang dirawat poliklinik Lapas klas 1 Tangerang,” kata Kombes Yunus.

Saat ini napi yang selamat dievakuasi di masjid di Lapas Klas 1 Tangerang tersebut. Dia mengatakan blok lainnya tidak terbakar dan sekarang situasinya sudah kondusif.

“Alhamdulillah, blok lain kondusif. kita lihat sedang pengamanan bersama dengan Dirjen Lapas dan Polda Metro Jaya, untuk lakukan pengamanan dalam dan luar. Kodim juga terjun pengamanan internal. Ada 166 orang Polri terdiri dari Brimob, Sabara dan Polres setempat dan Kodim,” ujar Yunus. (rul/*)