Sandiaga Uno Bagikan 250 Paket Bantuan untuk Nelayan Depok

Sandiaga Uno blusukan ke sejumlah rumah nelayan keramba di Depok (Istimewa)

PANMAS– Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno membagikan sebanyak 250 paket bantuan sosial kepada sejumlah nelayan keramba dan penjaga sekolah terdampak Covid-19 di  Jalan Nusantara Raya RT 05/14, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok Jawa Barat, Selasa 16 Juni 2020.

Aksi sosial tersebut dilakukan Sandi bersama Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang dikomandoi langsung oleh dirinya sendiri. “Hari ini, kami bersama Solidaritas Merah Putih Jokowi memberikan bantuan 250 paket sembako dan masker. Kita harapkan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang bekerja sebagai nelayan keramba,” katanya saat ditemui di tepi Situ Rawa Besar, Depok.

Dirinya menegaskan, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 juga akan terus memberikan bantuan kepada keluarga yang penghasilannya menurun dan mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi ini. Pembagian sembako itu diinisiasi oleh Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) Jokowi, Silverster Matutina.

“Para warga ini mengalami tekanan dari segi penghasilan dan kehilangan pekerjaan maupun biaya hidup yang semakin meningkat. Saya sangat berterimakasih kepada para relawan yang ikut memetakan para masyarakat ini terbantukan dengan paket sembako yang Insya Allah meringankan beban hidup mereka,” ujarnya

Pria yang akrab disapa Sandiaga ini menuturkan, bantuan tersebut adalah bentuk koordinasi dari pemerintah, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 serta dunia usaha dalam memberikan jaring pengaman sosial kepada warga yang belum tersentuh.

Selama ini, lanjutnya, ada sebanyak 15-20 persen warga yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Jadi kami berkolaborasi dengan para relawan untuk memetakan daerah-daerah yang perlu disentuh dan belum mendapatkan bantuan dari pemerintah sehingga tidak terjadinya tumpang tindih,” katanya.

Sandiaga menegaskan, tugas Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 mendata anggota masyarakat yang terlewatkan dan belum tersentuh paket-paket bantuan sosial dari pemerintah dan dunia usaha.

“Kami akan terus bersatu dan kolaborasi dengan para relawan lainnya untuk bersatu padu melawan COVID-19.”

Lebih lanjut pria yang sempat berpasangan dengan Prabowo dalam Pilpres 2019 ini menjelaskan, pihaknya membagi lima cluster penanganan Covid.

“Kita ada 5 cluster di Relawan Indonesia Bersatu, kali ini yang dijalankan adalah cluster jaring pengaman sosial. Kebetulan disini ada komunitas Indonesia tersenyum, ini yang fokus pada dekontaminasi, juga ada yang fokus pada rapid tes, dan lainnya.”

Sandiaga Uno saat memberikan keterangan pada awak media di Depok (Istimewa)

Sandiaga pun berpesan kepada masyarakat untuk terus disiplin menjaga kesehatan dan mematuhi aturan pemerintah di tengah pandemi Covid-19.  Menurutnya, kerja sama antara masyarakat dan pemerintah serta para relawan akan membuat wabah COVID-19 bisa segera teratasi.

Sementara itu, Relawan Solidaritas Merah Putih (Solmet) Jokowi Silverster Matutina mengapresiasi  bantuan sembako yang diberikan Sandiaga Uno dan kawan-kawan. Menurutnya, para relawan akan terus bekerja sama dengan RIB dalam mencegah penyebaran wabah COVID-19.

“Solmet dan para relawan lainnya sangat mendukung program RIB dalam melawan COVID-19. Kedepannya, kita akan terus melakukan upaya-upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan membantu masyarakat yang terdampak COVID-19,” kata Silverster.

Untuk diketahui, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 telah membagikan lebih dari 50.000 paket sembako serta 2,5 juta masker dari 10 juta masker yang tersedia. (rul/*)