Salat Jumat Kemarin Pasca PSBB, Semua Masjid Sudah Mengikuti Protokol Kesehatan

Suasana ibadah Salat Jumat di Masjid Baitul Kamal, lingkungan Pemkot Depok.(Foto: Istimewa)
Suasana ibadah Salat Jumat di Masjid Baitul Kamal, lingkungan Pemkot Depok.(Foto: Istimewa)

WALI Kota Depok, Mohammad Idris, menyampaikan hasil monitoring di seluruh wilayah Kota Depok tentang pelaksanaan hari pertama pembukaan tempat ibadah, yaitu pelaksanaan Salat Jumat, mayoritas sudah mengikuti protokol kesehatan.

“Semoga mengawali PSBB Proporsional sebagai masa transisi menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), seluruh warga dapat mengikuti protokol yang sudah ditetapkan,” ungkap Idris melalui siaran berita Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Jumat (5/6/2020).

Demikian pula untuk RW yang menerapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga (PSKS), sejumlah tempat ibadah yang berada dalam lingkungan RW tersebut tidak melaksanakan kegiatan.

“Terima kasih kepada para pengelola Mesjid (DKM) yang telah melaksanakan ketentuan, dan agar diperbaiki kekurangan-kekurangan yang belum terlaksana untuk pelaksanaan salat berjemaah sehingga dapat lebih baik lagi dalam pengaturannya, untuk kesehatan dan kemaslahatan bersama,” katanya.

Sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan di masjid, diantaranya anak dibawah 12 tahun tidak boleh dibawa ke masjid, bagitu pula untuk para lansia yang sudah mengidap penyakit seperti gula dan lainnya disarankan jangan ke masjid, karena rentan dengan penularan.

Selain itu, physical distancing 1,5 meter, penggunaan thermogan, handsanitizer, dan masker di setiap masjid atau rumah ibadah.

(eru)