Sadar Akan Herd Immunity, Warga RW 02 Kalibaru Gelar Gebyar Vaksinasi

Warga yang mengantre untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dalam Gebyar Vaksinasi RW02 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Sabtu 11 September 2021. FOTO: Depoktoday.com
Warga yang mengantre untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dalam Gebyar Vaksinasi RW02 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Sabtu 11 September 2021. FOTO: Depoktoday.com

DepokToday – Bantu capaian target pemerintah, pengurus lingkungan RW02, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok selenggarakan vaksinasi massal bagi ribuan warga setempat.

Sebanyak 1.000 vaksin jenis CoronaVac produksi Sinovac disiapkan untuk menjangkau warga yang belum atau tidak mendapatkan akses vaksinasi dari Pemerintah Kota Depok.

Koordinator Gebyar Vaksinasi RW02 Kelurahan Kalibaru, Dimas Sentot mengatakan, inisiatif membantu masyarakat mendapatkan akses vaksin itu muncul dari komunikasi yang intens antar pengurus lingkungan setempat tentang masih banyak warga yang belum tersentuh pemerintah soal vaksin COVID-19.

“Ini sebagai upaya pemerataan vaksinasi COVID-19 kepada seluruh warga Kota Depok khususnya warga RW02, Kelurahan Kalibaru, dan menciptakan herd immunity,” kata Sentot kepada wartawan media ini, Sabtu 11 September 2021.

Baca Juga: Polsek Sukmajaya dan Beji Kompak Geber Vaksinasi Merdeka

Atas inisiatif itulah, Sentot mengaku, berkoordinasi dengan Polsek Sukmajaya dan mendapatkan 1000 dosis vaksin untuk dapat disuntikkan kepada masyarakat, “Alhamdulillah dapat dukungan vaksin dari Polsek Sukmajaya,” kata Sentot.

Sentot mengatakan, gerakan ini mengandalkan keaktifan warga masyarakat setempat mulai dari vaksinator hingga penginput data. Seluruhnya berasal dari masyarakat dan jaringannya.

“Kami ada 12 vaksinator, delapan orang itu warga kami yang berprofesi sebagai dokter, perawat dan bidan, sisanya empat orang kami menghubungi tenaga kesehatan dari Puskesmas Cilodong,” kata Sentot.

Lebih jauh Sentot mengatakan, meski ditargetkan seribu warga dapat tervaksinasi, namun dirinya membagi kuota dalam tiga hari dengan setiap harinya 300 hingga 350 warga divaksin.

“Untuk mengantisipasi antrean panjang dan menimbulkan kerumunan, maka kami bagi jadi tiga hari mulai dari tanggal 11 hingga 13 September 2021,” kata Sentot.

Baca Juga: Satgas COVID-19: Capaian Vaksinasi di Depok Baru Mencapai 25 persen dari Total Penduduk

Sebagai informasi, saat ini cakupan vaksinasi COVID-19 menurut data Dinas Kesehatan Kota Depok hingga 9 September 2021, sebanyak 783.171 warga sudah menerima vaksis dosis pertama atau setara dengan 48,53 persen jumlah penduduk Depok.

Sementara untuk Dosis kedua, sebanyak 374.678 orang (23,22 persen) dan dosis ketiga yang hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan telah sebanyak 6.881 orang (0,43 persen). (ade/*)