Saatnya Belgia, Belanda, dan Austria Menyegel Tiket 16 Besar

Skuat Belgia.(Foto: Twitter Belgia)
Skuat Belgia di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Belgia)

BUKARES—Pertandingan babak penyisihan kedua Piala Eropa 2020 berlanjut pada hari Kamis, 17 Juni 2021, saat Belgia, Belanda, dan Austria ingin meraih kemenangan demi menyegel tiket ke babak 16 besar.

Pertandingan hari ini diawali oleh Grup C dimana Ukraina bertemu Makedonia Utara di National Arena Bukares, Romania, pukul 20:00 WIB.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Selanjutnya, pertandingan Grup B antara Denmark melawan Belgia yang dihelat di Hampden Park, Kopenhagen, Denmark, pukul 23:00 WIB.

Kemudian pertandingan hari Kamis waktu Eropa akan ditutup oleh Grup C dengan Belanda menghadapi Austria di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Jumat 18 Juni 2021 pukul 02:00 WIB.

Bisa Tersingkir

Ukraina dan Makedonia Utara sama-sama dibuat frustrasi pada laga perdana Piala Eropa 2020.

Betapa tidak, Ukraina sempat menghapus defisit dua gol melawan Belanda, namun kebobolan di menit akhir pertandingan dan kalah 3-2 di Amsterdam.

Andriy Yarmolenko melepaskan tendangan melengkung ke arah gawang Belanda yang menghasilkan sebuah gol.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)
Pemain Ukraina, Andriy Yarmolenko, melepaskan tendangan melengkung ke arah gawang Belanda yang menghasilkan sebuah gol.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)

Sementara tim debutan Makedonia Utara juga sempat menahan Austria 1-1, tetapi ketika pertandingan tersisa 12 menit di Bukares, Makedonia Utara kebobolan dua gol dan menyerah 1-3 dari Austria.

DIBACA JUGA: Ukraina Sempat Bikin Skor Imbang, Belanda Akhirnya Menang Dramatis

Namun, untuk Makedonia Utara ada momen penting ketika Goran Pandev membuat gol pertama untuk negaranya di Piala Eropa. Pandev juga menjadi pencetak gol tertua kedua dalam sejarah Piala Eropa.

DIBACA JUGA: Menang 3-1 Atas Makedonia Utara, Austria Pimpin Klasemen Grup C

Kini, Makedonia Utara berharap untuk membuat lebih banyak sejarah di ibu kota Rumania kala berhadapan dengan Ukraina.

Goran Pandev (depan) melakukan selebrasi golnya ke gawang Austria.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)
Goran Pandev (depan) melakukan selebrasi golnya ke gawang Austria.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)

Salah satu tim menelan kekalahan dalam pertandingan ini bisa tersingkir nanti malam, tergantung pada hasil pertandingan Belanda vs Austria.

Penentuan Denmark

Menyusul suasana haru dari keadaan darurat medis Christian Eriksen dalam kekalahan pembukaan Denmark oleh Finlandia. Denmark kembali ke Hampden Park untuk meladeni Belgia.

Melawan Belgia, tim nomor satu dunia versi FIFA, akan menjadi cerita perjalanan Denmark di Piala Eropa 2020.

Pemain Finlandia sedang menggiring bola dikejar tiga pemain Denmark.(Foto: Twitter UEFAEURO2020
Pemain Finlandia sedang menggiring bola dikejar tiga pemain Denmark.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)

Apakah mengharukan atau sebaliknya, ada peluang lolos ke fase gugur. Sebab mereka sudah mengalami satu kekalahan. Jika kalah lagi, peluang Denmark maju ke babak selanjutnya pupus karena hanya mereka yang belum mendapat poin di Grup B.

DIBACA JUGA: Kalahkan Tim Tuan Rumah, Belgia dan Finlandia Meraih Poin Sempurna

Belgia yang tampil gagah di laga pembuka dengan menggulung Rusia 3-0, diprediksi tidak mau kehilangan momentum saat bentrok dengan Denmark.

Menang melawan Denmark itu artinya mengantarkan Belgia ke fase knock-out Piala Eropa 2020, menyusul Italia yang menjadi tim pertama lolos ke babak tersebut.

Pemain Belgia merayakan gol ke gawang Rusia.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)
Pemain Belgia merayakan gol ke gawang Rusia.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)

Apalagi tim berjuluk Setan Merah ini kemungkinan diperkuat dua pemain andalan, Axel Witsel, yang sembuh dari cedera setelah absen sejak Januari, dan juga Kevin De Bruyne, yang kembali berlatih setelah mengalami cedera pada bagian wajah kala bertanding di final Liga Champions.

Hadiah

Tempat di babak sistem gugur adalah hadiah yang ditawarkan untuk para pemenang pertandingan Belanda vs Austria.

Ini merupakan satu-satunya pertemuan matchday 2 Piala Eropa 2020 antara dua pemenang di game pembuka.

Tambahan tiga poin dapat membawa Belanda dan Austria menjadi tim pertama yang lolos ke fase gugur dari Grup C.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

Tren penampilan Belanda sendiri sedang bagus. Mereka mencatat kemenangan 3-2 atas Ukraina di ibu kota Belanda, Amsterdam.

Denzel Dumfries berlari merayakan golnya untuk Belanda.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)
Denzel Dumfries berlari merayakan golnya untuk Belanda.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)

Pelatih Belanda, Frank de Boer telah mengkonfirmasi bahwa Matthijs de Ligt akan menjadi starter melawan Austria. Kemungkinan besar dia akan menggantikan Jurrien Timber di jantung pertahanan.

Austria pun punya catatan apik menghadapi laga ini. Mereka juga menang di laga perdana denga mengalahkan Makedonia Utara 3-1.

(tdr/Sumber: uefa.com)