Rutin Konsumsi 6 Makanan Kaya Zat Besi Ini, Dapat Cegah Anemia

Ilustrasi Anemia (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Anemia (Foto: Istimewa)

DepokToday – Sejumlah makanan dan minuman mengandung zat besi diperlukan bagi tubuh manusia. Gunanya untuk memastikan asupan darah merah terpenuhi agar terhindar dari anemia.

Kondisi kekurangan darah merah yang lebih dikenal sebagai anemia, mampu menyerang seseorang.

Melansir dari Suara.com, Tanpa zat besi, tubuh tidak akan mampu menghasilkan sel darah yang dapat mencukupi kebutuhan.

Tujuh makanan dan minuman ini penting untuk dikonsumsi sebagai cara untuk menghindari tubuh dari anemia.

1.Sayuran hijau

Salah satu makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi adalah sayuran hijau. Dilansir dari Healthline, pada 100 gram bayam terdapat 2,7 miligram zat besi.

Selain itu, bayam jjuga kaya akan vitamin C yang dapat memaksimalkan penyerapan zat besi. Sayuran hijau satu ini, juga memiliki kandungan karotenoid yang baik untuk mengurangi risiko kanker.

2.Seafood

Berbagai makanan laut, seperti kerang, udang, dan kepiting rupanya juga baik untuk penambah darah karena mengandung zat besi yang tinggi.

Namun perlu dicatat bahwa mengkonsumsi seafood bersamaan dengan kalsium justru dapat mengurangi penyerapan zat besi. Contoh makanan tinggi kalsium adaldah susu beserta olahannya, seperti keju.

Baca Juga: Dituntut 3 Tahun, Pengacara Terdakwa Hoaks Babi Ngepet Bilang Perbuatan Kliennya Tak Timbulkan Keonaran

3.Kacang-kacangan

Selain tinggi akan protein, biji-bijian juga memiliki kandungan serat, lemak sehat, dan bermacam nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh.

4.Susu

Salah satu zat penambah darah selain zat besi adalah vitamin B-12. Dilansir dari Healthline, vitamin B-12 digunakan tubuh untuk menjaga kesehatan saraf, sehingga produksi DNA dalam sel darah dapat berjalan lancar.

Beberapa contoh makanan dengan kandungan vitamin B-12 yang tinggi adalah susu dan produk olahannya.

5.Wortel

Dengan kandungan vitamin A yang tinggi, wortel juga baik dikonsumsi untuk mendukung produksi sel darah merah dalam tubuh.

Diketahui, satu buah wortel ukuran besar, mengandung setidaknya 509 micrograms dari kebutuhan manusia sebanyak 700-900 micrograms setiap harinya.

6.Jeroan

Olahan jeroan seperti sate hati rupanya juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh,

Kandungan zat besi serta asam folat di dalamnya baik dikonsumsi pengidap anemia. Namun meski begitu, kita tidak boleh mengkonsumsi jeroan secara berlebihan. (lala/*)