Rutan Depok Beri Penguatan Internal, Karutan: Pengamanan yang Tegas dan Humanis

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat saat memberikan penguatan kepada para Kesatuan Pengamanan Rutan, Selasa 19 Oktober 2021. (Istimewa)
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat saat memberikan penguatan kepada para Kesatuan Pengamanan Rutan, Selasa 19 Oktober 2021. (Istimewa)

DepokToday – Rumah Tahanan atau Rutan Kelas I Depok memberikan penguatan terhadap petugas pengamanan internal. Tujuannya, adalah meminimalisir terjadinya gangguan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat mengatakan, kunci keamanan dan ketertiban yang ada di Rutan maupun Lapas adalah dari segi pengamanan, sehingga diperlukan penguatan.

“Jajaran pengamanan merupakan faktor vital, karena bahwasanya jika didalam Lapas maupun Rutan ketik adanya kelalain pengamanan yang longgar maka selesailah, selesai dalam artian akan muncul potensi gangguan keamanan dan ketertiban,” kata Irvan dalam keterangan persnya, Selasa 19 Oktober 2021.

Baca Juga: Hore…Ribuan Napi Rutan Depok Sumringah dapat Vaksin

Kegiatan penguatan yang dihadiri oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Nu’man Fauzi itu dilakukan dengan konsep kuliah umum ini.

Irvan pun menegaskan agar tugas dan fungsi pengamanan didalam rutan dapat dilakukan dengan tegas dan humanis serta penuh dengan tanggung jawab.

“Lakukan kontroling lebih ketat baik pemeriksaan kondisi keamanan, kesehatan, sarana dan prasarana. Implementasikan dalam pelaksanaan tugas dengan sifat humanis tetap dibalut dengan sifat tegas, dan laporkan langsung kepada pimpinan pencatatan buku baik di Pos Wasrik maupun P2U setiap harinya,” kata Irvan.

Lebih jauh Irvan mengatakan, sebagai pimpinan, sudah menjadi tanggungjawab untuk memastikan kinerja bawahannya.

“Seorang pimpinan, bukan saja memberikan contoh, melainkan turun langsung memonitoring situasi dan kondisi baik lingkungan kerja maupun SDM. Mewujudkan serta menciptakan situasi kondisi yang aman dan kondusif serta patuh terhadap protokol kesehatan yang ketat pada hakikatnya adalah tanggung jawab secara kolektif,” kata Irvan.

Baca Juga: Serius Banget Cegah Kebakaran, Begini Antisipasi Rutan Kelas I Depok

Sementara itu, Kepala KPR, Nu’ man Fauzi menyampaikan selain memberikan penguatan, kegiatan ini juga dapat sekaligus menyambung silaturahmi antar pegawai agar lebih kompak.

“Penguatan yang diberikan oleh pimpinan kita ini, bukan saja sebagai penguatan terkait TUSI yang kita jalani, melainkan sebagai ajang silaturahmi antar jajaran Rupam agar lebih solid dan kompak,” kata Nu’man Fauzi. (ade/*)