Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Depok Nyaris Penuh

RSUD Depok menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID Depok. (DepokToday.com)
RSUD Depok menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID Depok. (DepokToday.com)

MARGONDA- Dinas Kesehatan atau Dinkes menyatakan, bed occupancy rate (BOR), untuk tempat tidur isolasi dan ICU di sejumlah rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Kota Depok saat ini telah di atas 70 persen.

Informasi itu bersumber dari data rumah sakit online di Kota Depok Senin, 14 Juni 2021.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok, Enny Ekasari menyebut, untuk tempat tidur isolasi COVID-19 sudah terisi 66,67 persen. Sedangkan tempat tidur di ruang ICU telah terisi 70,64 persen.

“Tempat tidur isolasi maupun ICU sudah terisi di atas 70 persen,” katanya dilansir dari berita.depok.go.id, dikutip pada Selasa 15 Juni 2021.

Baca Juga: Jumlah Korban Meninggal COVID di 10 Kab-Kota Jabar, Depok Diposisi Ini

Enny menjelaskan, untuk kapasitas tempat tidur ICU sudah terisi sebanyak 77 tempat tidur dari total seluruhnya 109 tempat tidur. Sementara untuk tempat tidur isolasi yang tersedia 861 unit dan itu sudah terisi 574 tempat tidur.

“Data tersebut dari total 24 rumah sakit rujukan COVID-19, baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta di Kota Depok,” ujarnya.

Data kasus COVID di Kota Depok, Selasa 15 Juni 2021. (Depoktoday.hops.id)
Data kasus COVID di Kota Depok, Selasa 15 Juni 2021. (Depoktoday.hops.id)

Terkait hal itu, ia pun mengimbau masyarakat agar dapat terus menjalankan protokol kesehatan dengan mematuhi 5 M,  yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Juga tetap berada dirumah sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Tetap jalankan protokol kesehatan sebagai pencegahan. Karena saat ini ketersediaan tempat tidur isolasi maupun ICU hampir penuh.”

Seperti diketahui, semua rumah sakit di Kota Depok sudah ditunjuk sebagai tempat pelayanan COVID-19. Jumlah tempat tidur terbanyak berada di RSUD Kota Depok dengan rincian 128 tempat tidur.

Sedangkan RSUI menambah kapasitas ICU menjadi 29 tempat tidur.

Saat ini, masih ada tiga rumah sakit yang sedang berproses untuk menyiapkan tempat tidur isolasi. Yakni, Rumah Sakit Brawijaya Bojongsari, RSIA Asyifa, dan RSIA Setya Bhakti. (rul/*)