Rumah Kreatif Belimbing Genjot Peningkatan Kualitas UMKM

Peserta seminar bertajuk Peranan Pengusaha dalam Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.(DepokToday/Eru)

MARGONDA-Rumah Kreatif Belimbing bertekad untuk menggeliatkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Depok, sehingga bisa berkembang dalam menawarkan berbagai produk yang dihasilkannya.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar seminar dan pelatihan bertajuk Peranan Pengusaha dalam Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Aula Gedung Perpustakaan Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Selasa (22/1/2020).

“Peserta dalam kegiatan ini adalah para pelaku UMKM yang ada di Kota Depok dengan berbagai produk yang dihasilkan, seperti kuliner, fashion, dan handycraft. Mengenai materi yang disampaikan, ada tiga hal, yakni Akses Pasar Digital dan Membangun Reseller, Pentingnya Standardisasi Produk, serta Go Green Packaging with Oxium Technology,” ungkap Ketua Panitia Kegiatan, Yosep Susanto.

Diutarakannya, kegiatan ini juga berkolaborasi aplikasi bisnis digital jamannow. Tujuannya adalah agar semakin memperluas pangsa pasar berbagai produk yang dihasilkan dan dijual oleh para pelaku UMKM di Kota Depok.

“Nantinya produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM di Kota Depok akan coba dipasarnya melalui aplikasi jamannow. Harapannya produk tersebut akan semakin dikenal secara luas, membuka pangsa pasar, dan memajukan para pelaku UMKM Depok,” harapnya yang juga selaku Co Founder Rumah Kreatif Belimbing.

Sementara, Founder Rumah Kreatif Belimbing, Adjie mengutarakan program untuk membangun pasar secara digital memang sangat diperlukan guna semakin menunjang perluasan pangsa pasar. Terlebih, saat ini sudah memasuki era industri 4.0.

“Memang sudah saatnya para pelaku usaha membuka pasar digital karena saat ini perkembangannya bisnis online. Mudah-mudahan melalui seminar dan pelatihan ini, pelaku UMKM akan semakin melek teknologi dan sukses menembus digital marketing,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, dari materi yang disampaikan para pelaku UMKM juga diarahkan untuk memiliki standar produk yang berkualitas, sehingga semakin meningkatkan kepercayaan terhadap produk yang dipasarkan.

“Standar produk, seperti misalnya dari aspek kemasan, kesehatan, dan keamanan produk tentunya akan sangat mempengaruhi kepercayaan konsumen. Tidak hanya itu, materi yang diberikan juga berkaitan dengan kemasan yang aman bagi lingkungan, tidak hanya mengejar aspek keuntungan, tentunya kita harus memperhatikan aspek kelestarian alam,” tuturnya.

Sementara, Kepala Bidang Industri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, Martinho Vaz memberikan apresiasi sekaligus mendukung kreativitas yang digagas oleh Rumah Kreatif Belimbing.

“Seminar dan pelatihan seperti ini sangat bermanfaat dalam membangun sektor ekonomi. Tidak hanya itu, pelaku UMKM juga diarahkan mengenai bagaimana bertanggung jawab terhadap produk yang dihaailkannya, termasuk kemasan produk yang ramah lingkungan,” katanya.(eru)