Ruas Jalan di Depok Mendadak Hening, Superhero Ini Ikutan Bawa Bendera

Upacara HUT RI di Jalan Margonda (Foto: Istimewa)
Upacara HUT RI di Jalan Margonda (Foto: Istimewa)

Depoktoday – Sejumlah ruas jalan di Depok mendadak hening sejenak. Bukan tanpa alasan, sebab, ruas jalan itu digunakan untuk mengheningkan cipta dalam peringatan HUT ke-76 RI.

Ya, di tengah pandemi COVID-19,  upacara tetap dilakukan dengan khidmat oleh masyarakat Indonesia. Uniknya, upacara ini dihelat di tengah jalan yang ada di Depok dan menghadirkan sosok superhero Satria Baja Hitam.

Sosok superhero itu yang didaulat membawa bendera merah putih. Seperti yang terlihat di sejumlah ruas jalan di Depok, salah satunya Jalan Raya Margonda, pada Selasa 17 Agustus 2021.

Berdasarkan pantauan, upacara pengibaran bendera dimulai sekitar pukul 10.17 WIB. Namun sebelumnya, pengendara sepeda motor maupun mobil diminta untuk berhenti sejenak. Sebagian ada yang hormat tapi ada pula yang cuek.

Kasat Lantas Polresta Depok AKBP Andi M Indra Waspada mengatakan pihaknya bekerjasama dengan TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Kota Depok menggelar upacara HUT RI di jalan raya yang ada di Depok bersama pengendara.

“Dalam rangka memperingati hut ke-76 kemerdekaan, kita memberhentikan kendaraan selama kurang lebih 6 menit di tiga ruas jalan jalan besar. Pertama di jalan Simpang Ramanda, Simpang Siliwangi, dan di simpang Juanda Margonda,” ujar Kasatlantas.

Dia menambahkan, dalam upacara pengendara tidak diwajibkan hormat.  “Posisi siap saja dan standby, sementara petugas sikap sempurna dan menghormat. Kami tidak memaksa pengendara, kesadaran mereka saja,” paparnya.

Baca Juga: Malam Renungan di Depok, Ramai-ramai Langgar Prokes, Awas COVID

Sementara itu berdasarkan pantauan, saat dilangsungkan upacara HUT RI di Depok ini banyak pengendara yang dengan sigap hormat namun tidak sedikit yang cuek.

“Ini ada apa sih?,” Ucap salah satu pengendara. Sejumlah pengendara lain juga mengatakan hal yang sama.

Namun, tidak sedikit juga pengendara lain yanb mengingatkan jika ada upacara bendera, karena itu pengendara berhenti sejenak. “Lagi upacara sebentar mas,” jelas seorang pengendara. (lala/*)