RSUD Depok Siapkan Ruang Isolasi untuk Pasien Corona

Kadinkes Depok, dokter Novarita (DepokToday, rul)

MARGONDA– Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Kota Depok telah menyiapkan ruang isolasi khusus untuk menangani pasien penderita virus Corona. Berbagai langkah antisipasi pun telah dilakukan pemerintah setempat untuk mencegah terjadinya korban akibat wabah penyakit berbahaya itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, dokter Novarita mengatakan, ruang isolasi khusus telah disiapkan sejak beberapa hari lalu. Namun demikian, RSUD untuk sementara hanya mampu melakukan penanganan pertama. Jika pasien dianyatakan positif, maka pasien akan dirujuk ke RS Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

“Misalnya ada pasien yang seperti itu kita cek dulu di lab-nya. Kalau demam kita analisa, sampai bisa dipastikan ini demam biasa atau Corona. Kalau positif Corona baru kita rujuk kesana. Jadi artinya kita mengisolasi selama belum dirujuk,” jelasnya, Senin 27 Januari 2020

Novarita menegaskan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan adanya warga yang terkena virus tersebut. Akan tetapi, pihaknya telah menginstruksikan seluruh rumah sakit di Kota Depok untuk siaga.

“Sudah, ini kan di setiap rumah sakit sudah kami imbau untuk mengantisipasi, tapi selama ini alhamdulillah belum.”

Meski belum ada pasien yang terkena virus tersebut, namun Novarita mengimbau masyarakat untuk ikut berperan aktif mencegah adanya penyakit ini.

“Kami mengimbau pada masyarakat yang pertama, jangan panik, kedua tingkatkan PHBS (Program Hidup Bersih dan Sehat), kemudian tigkatkan juga daya tahan tubuh, dan hindari perjalanan ke kota yang ada wabah Corona itu,” ujarnya. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here