Ronaldo Mencuri Perhatian, Denmark Melambung, Prancis Tertahan

Selebrasi Critiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Republik Irlandia.(Foto: Twitter/Portugal)
Selebrasi Critiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Republik Irlandia.(Foto: Twitter/Portugal)

DepokToday-Cristiano Ronaldo mencuri perhatian saat Portugal bertanding melawan Republik Irlandia di pertandingan keempat Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Kamis 2 September 2021 dini hari WIB.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Algarve, itu Ronaldo mencetak dua gol telat di penghujung pertandingan babak kedua. Gol tersebut membuat pemain yang baru pindah dari Juventus ke Manchester United (MU) ini menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa sepak bola internasiona, sekaligus mengubah kekalahan menjadi kemenangan bagi Portugal.

Salah satu gol sundulan Cristiano Ronaldo  saat melawan Republik Irlandia.(Foto: Twitter/Portugal)
Salah satu gol sundulan Cristiano Ronaldo saat melawan Republik Irlandia.(Foto: Twitter/Portugal)

Malam Indah Ronaldo

Dua gol pada menit akhir yang dramatis dari Ronaldo membuat Portugal meraih tiga poin Grup A atas Republik Irlandia. Tim tamu (Irlandia-red) memimpin 0-1 melalui sundulan babak pertama dari gol John Egan menit ke-45, setelah kiper Gavin Bazunu menyelamatkan tedangan penalti yang dieksekusi Ronaldo.

Tapi Ronaldo, pemain berusia 36 tahun, tidak bisa dibendung karena dua sundulannya mengubah permainan di penghujung pertandingan. Gol-gol pada menit 89 dan 90+6 itu membuat Ronaldo berada di puncak daftar pencetak gol internasional pria sepanjang masa dengan 111, dan pada malam yang sama Ronaldo menyamai rekor Eropa 180 caps internasional legenda Spanyol, Sergio Ramos.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Menangkan Top Skor Piala Eropa 2020

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Samakan Rekor 109 Gol Internasional Ali Daei

Turki Tergelincir

Di tempat lain, Denmark membuat empat kemenangan dari empat pertandingan. Akan tetapi Prancis, Turki, dan Belanda meraih hasil imbang.

Tendangan bebas sensasional Risto Radunovic di menit terakhir pertandingan menyelamatkan hasil imbang bagi Serbia Montenegro setelah mereka tertinggal dua gol, dan dengan demikian menggagalkan keunggulan tiga poin bagi Turki di Grup G.

Pemain Turki merayakan gol.(Foto: Twitter/FIFA World Cup)
Pemain Turki merayakan gol.(Foto: Twitter/FIFA World Cup)

Tendangan solo spektakuler Cengiz Under dan penyelesaian jarak dekat Yusuf Yazıcı menyusul langkah apik telah memberi tuan rumah momentum sampai Adam Marusic mencetak gol di babak pertama. Hasil ini membuat Montenegro berada di posisi ketiga. Dengan Norwegia dan Belanda bermain imbang 1-1, di mana posisi empat besar Grup G hanya dipisahkan oleh satu poin.

Keberuntungan Griezmann

Antoine Griezmann dikreditkan dengan gol yang mengamankan satu poin saat sepuluh pemain Prancis menjamu Bosnia dan Herzegovina di pertandingan Grup D. Griezmann membuat gol tiga menit setelah Edin Dzeko membuka keunggulan Bosnia dan Herzrgovina dimenit 36.

BACA JUGA:  Kazakhstan Imbangi Ukraina, Dua Gol Tercipta di Menit 90

Para pemain Denmark di kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa seusai pertandingan.(Foto: Twitter/FIFA World Cup)
Para pemain Denmark di kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa seusai pertandingan.(Foto: Twitter/FIFA World Cup)
Yang Terbaik dari yang Lain
Semifinalis Piala Eropa 2020, Denmark, membuat empat kemenangan dari empat pertandingan di Grup F saat mereka mengalahkan Skotlandia dan membuka keunggulan lima poin dari peringkat kedua, Israel, dan peringkat ketiga, Austria.
Sebaliknya, semua tim di Grup H hanya dipisahkan oleh tiga poin setelah bermain imbang di Rusia dan Slovenia, dan rekor kemenangan dalam pertandingan kompetitif untuk Malta. Rusia main imbang tanpa gol melawan Krosia, sementara Slovenia juga seri lawan Slowakia.

(tdr/Sumber: UEFA)