Resmi! Lionel Messi Bergabung Bersama Paris Saint-Germain

Lionel Messi menunjukkan jersey Paris Saint-Germain.(Foto: Twitter Paris Saint-Germain)
Lionel Messi menunjukkan jersey Paris Saint-Germain.(Foto: Twitter Paris Saint-Germain)

DepokToday—Lionel Messi mendarat di Paris, Prancis, hari Selasa 10 Agustus 2021, untuk menandatangani kesepakatan dengan Paris Saint-Germain (PSG).

Sebelumnya pada hari itu, ayah dan agen Lionel Messi, Jorge, mengatakan superstar Argentina telah setuju untuk bergabung dengan PSG setelah kepergiannya yang tiba-tiba dari Barcelona.

Surat kabar Prancis L’Equipe dan surat kabar Spanyol Mundo Deportivo mengatakan ikon sepak bola itu telah mencapai kesepakatan untuk bergabung dengan klub Paris dengan kontrak dua tahun.

Messi tiba di bandara Le Bourget di utara ibukota Prancis sekitar pukul 15:30 (13:30 GMT) dan disambut oleh ratusan pendukung PSG, yang berkumpul berharap untuk melihat sekilas pemain baru mereka.

Messi, yang melambai kepada orang banyak sambil mengenakan kaos Paris, kemudian diharapkan menjalani tes medis sebelum penandatanganannya dapat diresmikan oleh klub yang didukung Qatar.

Lionel Messi melambaikan tangan kepada penggemar PSG saat tiba di Paris.(Foto: Twitter Paris Saint-Germain)
Lionel Messi melambaikan tangan kepada penggemar PSG saat tiba di Paris.(Foto: Twitter Paris Saint-Germain)

Perkembangan tersebut mengikuti spekulasi berhari-hari tentang masa depan superstar sepakbola itu.

Messi, yang membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terhebat dunia selama 20 tahun tinggal di klub yang ia ikuti saat masih sekolah.

Pemenang Ballon d’Or enam kali dan pencetak gol terbanyak untuk Argentina dan Barcelona, ​​menangis pada hari Minggu saat ia mengucapkan selamat tinggal kepada Barcelona.

Kepergian itu terjadi setelah klub mengatakan tidak mampu lagi menghormati kontrak yang dicapai dengan Messi, menyalahkan aturan fair play La Liga.

BACA JUGA: Lionel Messi Sebentar Lagi akan Berseragam Paris Saint-Germain

Messi akan bergabung dengan lini depan PSG yang sudah tangguh, termasuk mantan rekan setimnya di Barcelona Neymar dan striker muda Prancis Kylian Mbappe.

Penambahan ini diatur untuk meningkatkan ambisi klub untuk memenangkan Liga Champions pertama mereka.

Ini juga akan memicu perdebatan baru tentang aturan fair play keuangan UEFA, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009, dan menetapkan batas pengeluaran untuk tim berdasarkan pendapatan mereka.

Aturan itu dimaksudkan untuk mencegah pengeluaran berlebihan yang tidak berkelanjutan dan mencegah suntikan uang tunai dari luar, tetapi telah dikritik karena mendukung klub yang lebih besar dan lebih mapan. Mereka dipandang oleh beberapa orang sebagai tidak efektif.

BACA JUGA: Tangisan & Curahan Hati Lionel Messi saat Perpisahan dengan Barcelona

Kontrak empat tahun terakhir Messi dengan Barcelona bernilai total 555 juta euro ($650 juta) – dilaporkan sebagai kontrak paling menguntungkan dalam sejarah olahraga.

Lionel Messi (kiri) berusaha menguasai bola ketika Barcelona berjumpa dengan Paris Saint-Germain (PSG).(Foto: FC Barcelona)
Lionel Messi (kiri) berusaha menguasai bola ketika Barcelona berjumpa dengan Paris Saint-Germain (PSG).(Foto: FC Barcelona)

Messi diatur untuk menghasilkan 35 juta euro ($ 41m) setahun di bawah kesepakatan yang dicapai dengan PSG, menurut beberapa laporan.

Superstar itu hanya kedatangan nama besar terbaru di PSG. Bek Spanyol Sergio Ramos bergabung dengan klub setelah meninggalkan Real Madrid, begitu pula gelandang Belanda Georginio Wijnaldum setelah kontraknya dengan Liverpool habis.

Penjaga gawang Italia pemenang Euro 2020 Gianluigi Donnarumma juga bergabung setelah kontraknya dengan AC Milan habis, sementara bek Maroko Achraf Hakimi bergabung dari Inter Milan dengan nilai transfer 60 juta euro ($70 juta).

(Sumber: Aljazeera)