Rektor UI: Musik Mampu Redam Ketegangan Bangsa

0
159
kika) Manik ; Prof. Dr. Agus Sardjono, S.H., M.H. ; Prof. drh. Wiku Adisasmito, MSc. Ph.D - ; Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis,M.Met ; Prof. Harkristuti Harkrisnowo, SH, MA, Ph.D ; Andre Rahadian (istimwa)

DEPOK– Prihatin dengan kondisi bangsa yang belakangan ini diwarnai ketegangan, Universitas Indonesia (UI) menggelar simfoni dan puisi untuk satu Indonesia. Kegiatan yang berlangsung di area perpustakaan UI Depok itu diisi oleh sejumlah artis papan atas, diantara Once Mekel dan gitaris Ridho ‘Slank’.

Rektor UI, Pro Muhammad Anis menuturkan, akhir-akhir ini banyak peristiwa di tanah air yang cenderung memecah belah bangsa Indonesia. Terkait hal itu, sebagai warga UI, perguruan tinggi yang menyandang nama bangsa dan negara, pihaknya pun merasa tergerak dan peduli dengan kondisi nasional akhir-akhir ini.

“Oleh karenanya Universitas Indonesia menyelenggarakan kegiatan ini mengajak seluruh komponen bangsa untuk kembali bergandengan tangan, bersatu, bahu-membahu agar mempererat kerukunan bangsa dan negara, melalui persembahan puisi dan lagu,” katanya pada wartawan, Selasa 8 Oktober 2019

Anis mengungkapkan, UI bersama dengan organ yang lain melihat bahwa setiap pendapat harus dihargai “Karena di perguruan tinggi perbedaan itu sesuatu yang harus ada, kalau nggak ada perbedaan enggak ada kemajuan ilmu,” ujarnya

Namun disisi lain, UI ingin membuat suasana cooling down kemudian bersatu kembali apapun perbedaan yang ada di taruh di meja,  di diskusikan dan dibahas untuk dicarikan musyawarah mufakat.

“Nah itulah kita tujuannya hari ini melalui budaya dan seni insyaAllah rasa kesatuan akan tumbuh kembali. Kita duduk sama-sama membahas apa yang jadi masalah dan apa yang menjadi kebutuhan NKRI di dalam menanggapi atau merespon perbedaan ini,” kata Anis

Anis menilai, yang dibutuhkan pada situasi saat ini mentaati aturan main yang telah disepakati dan tertuang dalam konstitusi. Tentunya semua harus dalam koridor-koridor hukum dan tata negara yang mutlak.

“Nah itu yang kita ingin kedepankan, rasa kebangsaan, rasa persatuan, rasa cinta tanah air, mengedepankan itu dan mengebelakangkan kepentingan pribadi, kepentingan golongan. Jadi kita mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.”

Lebih lanjut ketika disinggung soal event musik yang digagas sejumlah musisi dan pihak istana pasca terjadinya aksi unjukrasa belakangan ini, Anis menilai hal itu adalah wajar. “Dimana-mana ada event para artis musisi yang juga punya pandangan politik berbeda dan itu adalah wajar sebab saat lahir pun seseorang memang berbeda,’ ujarnya

“Nah bagaimana perbedaan itu bisa kita beri sarananya lewat berbagai cara, musik itu mungkin lebih mudah mengakrabkan menyatukan mungkin itu juga salah satu yang kita lihat juga. Makanya kita cepat-cepat mengadakan ini. Tujuannya untuk cooling down, mari kita mengedepankan NKRI itu.” (rul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here