Rekonstruksi Pembunuhan Anggota TNI Digelar Hari Ini

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar memperlihatkan barang bukti kejahatan pelaku pembunuhan yang menewaskan seorang anggota TNI (DepokToday.com)

DepokToday – Polres Metro Depok akan melakukan reka ulang adegan atau rekonstruksi aksi pembunuhan yang dilakukan Ivan Victor Dethan kepada anggota TNI Sertu Yorhan Lopo hari ini, Jumat 8 Oktober 2021.

Rekonstruksi rencananya digelar di halaman Polres Metro Depok sekitar pukul 09.00 dengan mengajak pula pihak dari Kejaksaan Negeri Depok sebagai penuntut umum.

“Ya surat dari penyidik telah diterima terkait rekonstruksi yang akan dilaksanakan di Polres Metro Depok pada pukul 09.00. Jaksa yang akan hadir adalah Alfa Dera bersama Adhi Prasetya,” kata Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Depok, Andi Rio Rahmat, Kamis 7 Oktober 2021.

Baca Juga: Kejari Siapkan 3 Jaksa Khusus Terkait Pembunuhan Anggota TNI

Andi mengatakan, kehadiran pihak kejaksaan itu guna melihat secara langsung adegan penganiayaan yang mengakibatkan terbunuhnya Sertu Yohan.

“Jaksa hadir dan diundang karena sesuai sistem peradilan pidana, jaksa sebagai dominus litis atau pengendali perkara,” kata Andi.

“Nantinya hasil berita acara rekonstruksi akan digunakan sebagai bagian berkas perkara yang akan dikirim penyidik ke jaksa penuntut umum untuk diteliti.”

Sebagai informasi, pembunuhan anggota TNI ini terjadi pada Rabu, 22 September 2021 malam. Korbannya adalah Sersan Satu Yorhan Lopo, anggota Menzikon Pusziad.

Yorhan meregang nyawa ditangan Ivan Victor Dethan (28) akibat tusukan pisau lipat tepat dibagian dada karena berusaha melerai pertikaian antar warga.

Jasad Yorhan ditemukan keesokan paginya, Kamis 23 September 2021 di sebuah semak-semak Jalan Patoembak, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis. (ade/*)