Reaksi Hjulmand Usai Denmark Gagal ke Final Piala Eropa 2020

LONDON—Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand, tidak bisa menyembunyikan rasa kecewa setelah timnya gagal lolos ke final Piala Eropa 2020 karena di kalahkan Inggris 2-1.

“Jelas, ini adalah kekecewaan besar karena kami begitu dekat dengan final, dan keadaan yang berbeda selama pertandingan membuat kami tidak mengambil langkah terakhir,” kata Hjulmand kepada EURO2020.com.

Para pemain Denmark memberikan tepuk tangan kepada pendukung mereka yang hadir di Stadion Wembley.(Foto: Twitter)
Para pemain Denmark memberikan tepuk tangan kepada pendukung mereka yang hadir di Stadion Wembley.(Foto: Twitter)

Namun kata Hjulmand, kekecewaan ini tidak akan sampai larut karena Denmark siap mencobanya kembali di kesempatan turnamen lainnya.

“Kami telah berdiri bersama, dan kami telah berjuang sampai akhir. Saat ini, kami sangat kecewa. Tapi saya tidak berpikir itu akan lama sampai kami dapat memasukkan ini ke dalam perspektif dan berkata, ‘kami mencobanya, dan kami yakin kami bisa melakukannya lagi'” katanya.

DIBACA JUGA: Sejarah! Inggris Menembus Babak Final Piala Eropa

Walaupun gagal melaju ke babak final Piala Eropa 2020, Hjulmand menyanjung semua pemain Denmark yang telah bermain dengan fantastis di sepanjang turnamen.

“Sungguh menakjubkan apa yang telah dilakukan para pemain. Ada kekuatan fantastis dalam diri orang-orang ini. Mereka bermain sepak bola dengan cara yang fantastis. Kami telah menyerang, mencetak gol, dan menunjukkan diri kami yang sebenarnya. Para pemain terus melanjutkan permainan. semua yang mereka miliki, baik di luar maupun di dalam lapangan,” beber Hjulmand.

Skuat Denmark di semifinal Piala Eropa 2020 melawan Inggris.(Foto: Twitter)
Skuat Denmark di semifinal Piala Eropa 2020 melawan Inggris.(Foto: Twitter)

Rasa kecewa juga diamini Kapten Denmark, Simon Kjaer. Ia mengakui sulit menerima kegagalan ini tetapi dirinya yakin perlahan tapi pasti semuanya perlahan akan terlupakan.

“Saya pikir perlahan-lahan ketika kita menjauh dari ini, kita akan mulai memperhatikan beberapa hal. Sulit untuk menerima semuanya, tetapi ini adalah perjalanan yang luar biasa. Lebih dari yang pernah saya harapkan. Saya bangga, tapi saya juga kecewa kami tidak lolos ke final,” paparnya.

Butuh 120 Menit

Seperti diketahui, Denmark gagal ke final Piala Eropa 2020 setelah tumbang 1-2 dari Inggris.

Denmark memberikan perlawanan sengit karena memaksa Inggris harus menunggu kemenangan sampai menit ke 120.

Babak extra time dimainkan setelah Denmark dan Inggris sama kuat 1-1 sampai babak kedua berakhir.

Gol bunuh diri dari kapten Denmark, Simon Kjaer.(Foto: Twitter England)
Gol bunuh diri dari kapten Denmark, Simon Kjaer.(Foto: Twitter England)

Denmark unggul lebih dulu lewat gol Mikkel Damsgaard menit 30. Kapten Denmark, Simon Kjaer, melakukan gol bunuh diri sembilan menit kemudian sehingga memberikan keuntungan bagi Inggris.

Inggris memastikan kemenangan setelah Harry Kane berhasil membobol gawang Denmark di menit 104. Bola muntah yang berhasil ditepis Kasper Schmeichel ditendang kembali oleh Kane sehingga merobek jala gawang Denmark.

(tdr/*)