Ratusan Sarang Tawon Dievekuasi Damkar Depok Sepanjang Tahun, Penyebabnya Miris

Sarang Tawon Damkar Depok (Foto Istimewa)
Sarang Tawon Damkar Depok (Foto Istimewa)Sarang Tawon Damkar Depok (Foto Istimewa)

DepokToday  – Pembersihan sarang tawon di daerah pemukiman menjadi perhatian Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok. Bahkan pada dua pekan terakhir ini, mereka banyak melakukan pemusnahan sarang tawon yang ada di pemukiman warga itu.

Dari data yang berhasil di dapat dari Damkar Depok, sedikitnya sejak 15 November lalu hingga hari ini sudah ada 10 sarang tawon yang dimusnahkan oleh petugas Damkar Depok.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Welman Naipospos menyebutkan, paling banyak anggotanya menemukan sarang tawon jenis vespa di pemukiman warga.

Sarang tawon banyak ditemukan karena penyebab yang miris, ya, banyak tempat tinggal mereka yang telah berubah menjadi perumahan dan bangunan lainnya.

“Tawon vespa masuk permukiman karena habitatnya berubah alias perubahan lingkungan karena alih fungsi lahan,” terang Welman.

Menurut Welman, keberadaan tawon jenis ini yang banyak dikarenakan habitat tempat tinggalnya yang telah banyak berubah. Saat ini tercatat, rumah sarang tawon sebelumnya berada di pohon, hutan, dan semak-semak.

Baca Juga: Geger, Pedagang Pasar Ditemukan Gantung Diri dekat Situ Citayam

Selanjutnya, berdasarkan data dari Januari hingga Oktober, Damkar Kota Depok menerima 160 kasus evakuasi sarang tawon.

Terbanyak, pada Kamis malam, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok melakukan evakuasi sarang tawon vespa di lima titik.

Adapun evakuasi sarang tawon vespa dilakukan di kawasan Tapos, Sukmajaya, Cilodong, Pancoran Mas, dan Cimanggis. Dirinya mengimbau masyarakat Kota Depok tak berusaha memusnahkan sarang tawon vespa tanpa keahlian.

“Jangan mencoba mengganggu sarang tawon vespa dan segera laporkan ke Dinas Damkar. Apabila kena sengatan segera ke dokter,” kata Welman. (lala/*)