Ratusan Kendaraan Gagal Masuk Depok karena Tak Punya SIKM

Petugas gabungan memeriksa kendaraan apakah memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) atau tidak.(Istimewa)

MARGONDA-Aparat gabungan TNI, Polri, Dishub dan Satpol-PP,  telah menghalau sebanyak lebih dari 200 kendaraan dari luar daerah yang mencoba masuk ke wilayah Kota Depok, Jawa Barat. Ratusan kendaraan bermotor itu dihalau karena tanpa dilengkapi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Erwin Aras Genda, menuturkan, selain kendaraan pribadi jenis mobil, pihaknya juga telah menghalau travel.

“Travel sekira delapan, sedangkan kendaraan pribadi ada 200 mobil sampai dengan tiga hari ini,” katanya pada Minggu 31 Mei 2020.

Ratusan kendaraan yang mencoba masuk itu diamankan dari sejumlah titik, di perbatasan Depok wilayah barat, utara, selatan dan timur. Diduga para pengendara ini akan masuk Jakarta dan sekitarnya.

“Mereka ini kami halau karena tidak dilengkapi SIKM yang menjadi aturan atau syarat untuk masuk Jakarta dan Depok,” ujarnya.

Sebagai sanksinya, para pelanggar terpaksa diputar balik ke daerah asal. “Termasuk yang penumpang travel, semua tidak dilengkapi SIKM jadi kami putar balik,” urainya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Erwin Aras Genda, ketika ikut melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor yang tidak memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).(Istimewa)

Lebih lanjut Erwin menuturkan, mereka rata-rata datang dari arah Jawa Barat dan Jawa Tengah. “Operasi ini kami lakukan sampai dengan ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Untuk travel yang tak punya izin atau melanggar trayek maka akan diamankan kendaraanya sebagai barang bukti untuk proses lebih lanjut.

“Untuk kendaraan travel yang penumpangnya tidak dilengkapi SIKM diberi sanksi dengan tilang sesuai dengan pelanggaran Pasal 308 Jo 173 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 LLAJ tentang pelanggaran trayek,” papar Erwin.

Erwin pun mengimbau, agar masyarakat dapat mematuhi aturan tersebut di antaranya yakni melengkapi diri dengan SIKM dan surat pemeriksaan Covid-19.

(rul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here