Ratusan Ikan Mati di Situ Gadog, TAR Depok: Usut Tuntas

Tim Akar Rumput Kota Depok.(Foto: Istimewa)
Tim Akar Rumput Kota Depok.(Foto: Istimewa)

CIMANGGIS—Tim Akar Rumput (TAR) Kota Depok prihatin dengan kasus matinya ratusan ikan di Situ Gadog, Kecamatan Cimanggis, beberapa waktu lalu.

Ketua TAR Kota Depok, Suryadi, menegaskan, matinya ratusan ikan ini diduga akibat pencemaran lingkungan di air situ sehingga harus diusut oleh pihak berwenang.

“Pemkot Depok tidak mampu melakukan
segenap upaya pencegahan dampak lingkungan sebagai peran kontrol, pengawasan, dan atau pencegahan,” kata Suryadi kepada wartawan, Senin 17 Mei 2021.

Kata Suryadi, Pemkot Depok seharusnya merawat kawasan situ sebagai wilayah hutan perkotaan yang berfungsi sebagai wilayah resapan air, area penghijauan, dan  pertumbuhan ekonomi warga sekitar.

“Situ Gadog Cisalak yang memiliki mata air juga sebagai area pemancingan favorit warga Depok dan sekitarnya,” katanya.

Diungkap Suryadi, teekaparnya ratusan ikan di SItu Gadog  ditinjau oleh Kementerian Lingkungan Hidup, pengendalian pencemaran dan dampak lingkungan, Dinas DKLH, P3L dan satuan unit, serta Satpol PP Depok.

“Dan beberapa anggota DPRD Kota Depok dapil Cimanggis yang rencananya segera menggelar dialog dan solusi untuk pemulihan kualitas air Situ Gadog di kantor Kecamatan Cimanggis, dharapkan dihadiri oleh pihak kelurahan,” ulas Suryadi.

Komunitas Peduli Situ Gadog dan TAR Kota Depok mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI, Joko Widodo, yang telah mengapresiasi situasi Kondisi situ Gadog dengan menerjunkan Tim dari Kementrian LHK RI.

“Kami juga mengusulkan kepada Kementrian RI untuk gelar dialog dan solusi di Situ Gadog Cmanggis guna mengidentifikasi lokasi sumber pencemaran lingkungan dan upaya pencegahan secara signifikan dan gerak cepat,” jelas aktivis yang akrab disapa Boges itu.

“Kami Tim Akar Rumput Depok mengusulkan agar dibuatkan sanitasi air, pencegahan limbah guna penyelamatan ekosistem Situ Gadog,” Suryadi menambahkan.

Laporan Wartawan: Hendro