Ratu Elizabeth Krim Pesan Khusus untuk Kim Jong Un, Ini Isinya

Ratu Elizabeth dan Kim Jong Un (Foto: Istimewa)
Ratu Elizabeth dan Kim Jong Un (Foto: Istimewa)

DepokToday- Belum lama ini Ratu Elizabeth II bikin publik curiga lantaran mengirimkan pesan khusus ke pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un. Namun hal itu menuai kecurigaan sejumlah kalangan.

“Kim Jong Un, Presiden Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), menerima salam dari Elizabeth II, Ratu Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara, pada 7 September,” demikian pernyataan yang dirilis media pemerintah Korut, seperti dilansir dari The Sun, dikutip pada Rabu 15 September 2021.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, pesan khusus itu disebutnya sebagai pesan persabatan dan ucapan selamat lantaran Kim dan rakyatnya sedang merayakan hari Nasional Korea Utara.

Baca Juga: Denjaka, Hantu Laut TNI Penyelamat Rombongan Mantan Presiden Portugal

Data yang dihimpun menyebutkan, pesan Ratu Elizabeth itu berbunyi harapan Ratu soal hal baik untuk masa depan. Menurut informasi, pesan tersebut dikirimkan dua hari sebelum tanggal parade perayaan berdirinya Korea Utara.

“Ketika rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea merayakan Hari Nasional mereka, saya mengirimkan harapan baik saya untuk masa depan.”

Publik Curiga Niat Ratu Elizabeth Soal Pesan Korut

Meski terdengar seperti ucapan persahabatan biasa, namun publik merasa curiga. Beberapa mengira bahwa persan tersebut sebetulnya tersirat bagi Kim Jong Un.

Sebabnya, pesan itu muncul di tengah kekhawatiran Perang Dunia Ketiga pasca Kim Jong Un melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh milik Korea Utara.

Pakar Korea Aidan Foster-Carter, seorang peneliti senior di Universitas Leeds, mengatakan kepada outlet tersebut bahwa Korut secara teratur menyapa Ratu Elizabeth pada hari ulang tahunnya.

“Tetapi saya tidak menemukan jejak pesan apa pun dari kami kepada mereka-sampai sekarang. Jadi ini membuat penasaran,” ujar Carter.

Baca Juga: Waduh, Ratusan Kapal China Masuk Perairan Indonesia

Sementara itu, seperti dilansir dari CNN, Juru Bicara Istana Buckingham membenarkan pesan selamat Ratu Elizabeth ke Kim Jong-Un itu.

“Pesan itu dikirim atas nama Ratu oleh Kantor Persemakmuran dan Pembangunan Inggris (FCDO) seperti yang telah dilakukan sebelumnya,” ujar Juru Bicara Istana Buckingham.

Istana mengatakan, pengiriman ucapan itu adalah praktik standar pada hari-hari nasional lainnya di seluruh dunia.

Seperti diketahui, Korea Utara merayakan Hari Nasionalnya pada 9 September 2021. Perayaan ini ditandai dengan parade militer tengah malam di Pyongyang. (rul/*)