Rasakan Dalam Sepekan, Ini 7 Cara Alami Kecilkan Perut Buncit

Ilustrasi perut buncit. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi perut buncit. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Memiliki perut yang buncit membuat anda kurang percaya diri. Kondisi ini sebetulnya bisa diatasi dengan cara alami. Cara ini diklaim bisa mengecilkan perut hanya dalam waktu singkat.

Nah, cara mengecilkan perut yang alami tidak harus diet secara berlebihan. Kamu hanya perlu mengubah kebiasaan sehari-hari untuk mendapatkan perut rata hanya dalam tujuh hari.

Melansir dari Woliop, penelitian menunjukkan bahwa diabetes tipe 2 dan penyakit jantung memiliki hubungan kuat dengan lemak perut. Untuk itu, kehilangan lemak tersebut bisa memiliki manfaat signifikan bagi kesehatan dan kesejahteraan hidupmu.

Coba ukur lingkar perut sekarang dengan pita pengukur. Jika ukuran perut wanita di atas 38 inci (88 cm) dan pria lebih dari 40 inci (102 cm) maka termasuk obesitas. Ada baiknya mulai mengecilkan perut dari sekarang.

Yuk ikuti langkah-langkah mengecilkan perut yang bisa membantumu tampak lebih langsing hanya dalam satu minggu.

Berikut cara mengecilkan perut:

1.Hindari Makanan dan Minuman yang Ditambah Gula

Berdasarkan science, makanan dengan tambahan gula buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis.

Gula mengandung setengah glukosa dan fruktosa. Saat mengonsumsi banyak gula tambahan maka hati akan lebihan fruktosa sehingga dipaksa mengubahnya menjadi lemak.

Studi menunjukkan bahwa gula tambahan memiliki efek berbahaya pada kesehatan metabolisme. Sejumlah penelitian telah menunjukkan pengaruh gula, fruktosa yang besar bisa menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut dan hati.

2.Makan Banyak Protein

Penelitian menunjukkan bahwa protein bisa membuatmu lebih mudah dalam mengendalikan rasa lapar hingga 60 persen. Tidak hanya itu, protein juga membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, dan membuatmu makan 441 kalori lebih sedikit.

Protein tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan tapi juga menghindari kenaikan yang drastis. Bahkan dianggap sangat efektif untuk mengurangi lemak perut.

Sebuah studi menunjukkan kalau protein dikaitkan dengan peluang penurunan lemak perut yang signifikan selama 5 tahun pada wanita.

Ingat, cara mengecilkan perut buncit dengan konsumsi lebih banyak protein dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi rasa lapar, dan sangat efektif dalam mengurangi lemak perut.

3.Diet rendah karbohidrat

Makan lebih sedikit karbohidrat menjadi cara yang sangat efektif untuk menghilangkan lemak atau perut buncit. Hal ini didukung oleh banyak penelitian. Ketika orang mengurangi karbohidrat maka nafsu makan dan berat badan bisa turun.

Lebih dari 20 penelitian telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat mampu mengurangi berat badan 2 sampai 3 kali lebih banyak dibandingkan diet rendah lemak. Bahkan dianggap tetap efektif meski makan banyak dibandingkan mereka yang menganut diet rendak lemak dan dibatasi kalorinya.

Diet rendah karbohidrat menyebabkan pengurangan berat badan secara cepat. Perbedaannya bahkan bisa terlihat hanya dalam satu sampai dua hari saja.

4.Konsumsi Makanan Kaya akan Serat

Makanan berserat menjadi salah satu cara mengecilkan perut. Serat sangat efektif untuk mengurangi lemak perut yang berbahaya.

Cara terbaik mendapatkan lebih banyak serat dengan mengonsumsi makanan nabati, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Kacang-kacangan, sereal, dan gandum utuh juga menjadi serat yang baik.

Baca Juga: Hari Ini Rupiah Menguat, Nilai Ekspor Indonesia Catat Rekor Tertinggi

5.Kurangi Garam

Dilansir dari Times of India, coba mengurangi asupan natrium untuk meminimalkan retensi air. Jika ingin mengecilkan perut dalam waktu cepat maka perlu mengurangi konsumsi garam. Saat memasak, bisa mencoba mengganti garam dengan bumbu rempah-rempah lain agar tidak mengurangi cita rasanya.

6.Minum Ekstra Air

Cara mengecilkan perut yang buncit dalam tujuh hari bisa dengan rutin minum ekstra air setiap hari. Ini bisa memberikan manfaat ganda, seperti mengecilkan perut dan kulit lebih bercahaya.

Minum ekstra air bisa mengurangi nafsu makan. Tidak hanya air putih, konsumsi pula minuman sehat lain seperti teh hijau anti oksidan, jus sayuran, atau buah segar.

7.Olahraga Tiap Hari, Fokus pada Area Perut

Cara mengecilkan perut tidak hanya dengan mengatur pola makan tapi juga harus diimbangi dengan olahraga secara rutin. Lakukan lunges, push-up, dan pull-up, untuk satu set 15 repetisi.

Jangan lupa mengikuti setiap latihan dengan satu menit lompat tali. Ini bisa membakar sekitar 500 hingga 600 kalori per latihan.

Sertakan pula latihan yang fokus pada area perut. Tambahkan gerakan crunch dan leg raise dalam tiga set dengan 20 repetisi. Selanjutnya lakukan plank selama 30 hingga 60 detik untuk 4 set.