Rapid Test Corona Serentak Dilakukan di 11 Puskesmas Kota Depok Mulai Besok

Petugas medis di Puskesmas Limo.(DepokToday/Rul)

MARGONDA – Sebanyak 11 puskesmas di Kota Depok bakal menggelar rapid test Corona Virus Disease (Covid-19) secara serentak pada Jumat (27/3/2020).

Hal itu diungkapkan langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris, dalam siaran persnya pada Kamis (26/3/2020) malam.

Dari 11 puskesmas yang tersebar di wilayah Depok, hanya Puskesmas Kecamatan Limo yang telah melakukan rapid test hari ini (lebih dulu).

“Besok serentak di 11 puskesmas, meliputi Puskesmas Depok Jaya, Beji, Abadi Jaya, Cilodong, Sukatani, Cinere, Pengasinan, Cipayung, Duren Seribu, Tugu, dan Limo,” kata Idris.

Ia menjelaskan, rapid test Covid-19 di puskesmas bukan diperuntukkan untuk warga secara keseluruhan, melainkan khusus untuk orang yang masuk dalam daftar medis.

“Rapid test diperuntukkan bagi PDP (pasien dalam pengawasan) yang isolasi mandiri, ODP (orang dalam pemantauan), dan tenaga kesehatan yang kontak erat dengan pasien positif tanpa APD (alat pelindung diri) lengkap,” tuturnya.

Adapun teknis pelaksanaan, pihak medis akan menghubungi nomor telepon warga yang terdata masuk dalam kategori tersebut.

Kemudian, dalam kurun waktu tertentu, Pemkot Depok juga akan membantu logistik pada sejumlah ODP dan PDP yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Kepada seluruh warga dimohon untuk ikut berpartisipasi dengan sikap empati dan tidak ada lagi sikap-sikap mengucilkan,” urainya.

Pasien positif Corona, PDP, maupun ODP, adalah korban. “Mereka adalah saudara kita. Mereka keluarga kita. Mereka warga dan bangsa kita. Mereka adalah diri kita. Solidaritas sesama kunci sehat bangsa,” urai Idris.

Dirinya memberikan apresiasi dan rasa hormat yang tinggi, khususnya pada petugas kesehatan sebagai garda terdepan.

“Terima kasih dan apresiasi, penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengorbanannya. Hanya hati yang dapat menggerakkan keikhlasan perjuangan,” ucapnya.

“Semoga menjadi amal kebaikan yang diberikan Allah SWT Tuhan Sang Penolong Sang Pelindung,” timpalnya lagi.

(rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here