Rakyat Dilarang Keluyuran, Menteri Jokowi Malah Keluar Negeri

Menteri Jokowi ke luar negeri (Istimewa)
Menteri Jokowi ke luar negeri (Istimewa)

JAKARTA- Kunjungan dinas kenegaraan sejumlah menteri kabinet Jokowi ke luar negeri menyedot perhatian publik. Sebabnya, mereka melakukan hal itu disaat negara sedang memberlakukan PPKM Darurat.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, selain Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, terdapat dua menteri pembantu Jokowi yang juga pergi ke luar negeri saat PPKM Darurat.

Keduanya yakni Menteri Investasi, Balil Lhadalia dan Menteri Perdagangan M. Lutfi yang melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat meski Indonesia sedang menerapkan PPKM Darurat.

Daftar menteri yang melakukan kunjungan ke luar negeri membuat analisis politik Hendri Satrio geleng kepala.

Bahkan dirinya mengaku kehabisan kata untuk mengungkap keputusan para menteri Jokowi yang melakukan perjalanan ke luar negeri itu.

“Biarin aja, daripada di dalam negeri juga nggak ngebantu apa-apa,” dikutip pada Kamis, 15 Juli 2021.

Pria ramah ini juga meminta agar para menteri ini lebih memahami nasib rakyat yang ada di tanah air tengah berjuang dan menaati peraturan PPKM Darurat yang diberlakukan pemerintah.

Bagaimanapun menurutnya solidaritas sosial harus dikedepankan dalam menghadapi kondisi saat ini.

“Mereka kan orang pintar, yang pastinya mereka mengerti apa itu solidaritas kemanusiaan dan sosial kan?” tuturnya.

Di satu sisi, Hensat mencoba berpikir positif. Di menduga ada pekerjaan yang hendak diselesaikan di Amerika Serikat.

“Mungkin mereka ada kerjaan di luar dan kelihatannya bahagia betul mereka di luar. Mudah-mudahan tujuannya sukses,” katanya.

Ngapain Menteri Jokowi ke Luar Negeri?

Dua pembantu Presiden Joko Widodo, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Perdagangan M. Lutfi pelesiran ke Amerika Serikat.

Dalam foto dan video yang beredar di media sosial, keduanya tampak sumringah dan tidak mengenakan masker.

Baca Juga: Mengenang K.H. Mukhlis Effendi, Jatuh Bangun Mendirikan Media

Sedangkan menteri Airlanga ke Singapura. Ia di sana untuk kunjungan kerja selama dua hari mulai 13 Juli hingga 14 Juli 2021.

Kondisi ini seolah selaras dengan sang putra Audy Pratama dan istrinya yang bernama Rachel Theresia yang tengah ramai diperbincangkan warganet di twitter lantaran diduga tengah berbulan madu ke Jepang di masa PPKM darurat.

Kunjungan kerja ini dilakukan Menko Airlangga di tengah kian memburuknya kasus positif COVID-19 di Tanah Air.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada Rabu 14 Juli 2021, sebanyak 54.517 orang terkonfirmasi positif tertinggi semenjak pandemi melanda Indonesia. (rul/*)