Rontoknya Wakil Asia di Piala Dunia 2022, Gugur Berjemaah di Babak 16 Besar

- Rabu, 7 Desember 2022 | 14:39 WIB
Para pemain Korea Selatan melakukan selebrasi bersama di hadapan penggemar mereka. (Foto: Twitter Copa Mundial FIFA)
Para pemain Korea Selatan melakukan selebrasi bersama di hadapan penggemar mereka. (Foto: Twitter Copa Mundial FIFA)

DepokToday.com - Asia sempat bangga karena memiliki tiga wakil yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tapi kemudian, semuanya gugur berbarengan di putaran kedua turnamen.

Australia, Jepang, dan Korea Selatan-tiga dari lima tim Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Piala Dunia-mencapai babak sistem gugur pertama.

Ini adalah pertama kalinya tiga tim AFC lolos ke babak 16 besar, bahkan ketika harapan terakhir ada di kubu Korea Selatan yang harus mengalami kekalahan 4-1.

Tidak akan ada pengulangan momentum Piala Dunia 2002, saat Korea Selatan mencapai semifinal sebagai tuan rumah bersama Jepang, masih merupakan penampilan terbaik Piala Dunia oleh tim Asia.

Korea Selatan memang mengalahkan Portugal di fase grup di Qatar. Arab Saudi, yang juga bagian dari AFC, melakukan kejutan terbesar di turnamen tersebut dengan bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Argentina yang diperkuat Lionel Messi 2-1 di babak penyisihan grup.

Baca Juga: Singkirkan Jepang Melalui Adu Penalti, Kroasia Capai Perempat Final Piala Dunia 2022

Jepang juga bangkit kembali untuk mengejutkan mantan juara dunia Spanyol dan Jerman dan pemuncak Grup E, sebelum menderita kekalahan memilukan dari finalis 2018 Kroasia melalui adu penalti.

Berbicara menjelang pertandingan, bek Jepang, Kou Itakura, merasa Asia semakin dekat dengan Eropa.

Jepang yang dibesut Hajime Moriyasu menawarkan semakin banyak pemain di liga-liga top Eropa. Delapan dari 26 pemain tim Piala Dunia bermain di Bundesliga Jerman dan Moriyasu mengatakan kesuksesan Jepang bagus untuk seluruh Asia.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: AFP, First Post

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X