Daftar 10 Terowongan Kereta Api Aktif di Indonesia, Terpanjang Ada di Jawa Barat

- Kamis, 29 September 2022 | 22:31 WIB
Terowongan Lampegan.(Foto: Dok. Depoktoday.com)
Terowongan Lampegan.(Foto: Dok. Depoktoday.com)

DepokToday.com - Pembangunan jalur kereta api di Indonesia yang saat itu dilakukan oleh pihak swasta bersama pemerintah Hindia Belanda ternyata tidak semudah dibayangkan.

Kesulitan dan berbagai hambatan pasti ditemui saat proses pembangunan. Terutama pada jalur lintas selatan pulau Jawa yang wilayahnya banyak bukit dan juga terdapat aliran sungai.

Karena kondisi geografis itu lah, maka banyak jalur kereta api di lintas selatan pulau Jawa yang berkelok, melintasi jembatan, bahkan menembus terowongan.

Untuk terowongan, jumlah yang tercatat dalam wikipedia sebanyak 19. Dari total terowongan itu beberapa di antaranya ada yang sudah tidak aktif seiring matinya jalur kereta api di lintas tersebut.

Baca Juga: Peringati HUT ke-77, Dirut: KAI Pasti Mampu Selesaikan Proyek LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Depoktoday.com akan merangkum terowongan kereta api yang masih aktif sampai saat ini, dengan merincikan secara detail lokasi wilayah, tahun pembangunan, dan panjang terowongannya.

Berikut ini daftar terowongan kereta api aktif di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Gunung Gajah di Lahat, Palembang, Sumatera Selatan. Terowongan ini memiliki panjang sekira 368 meter dan dibangun pada tahun 1924-1925. Terowongan Gunung Gajah berada di jalur lintas Lubuklinggau-Prabumulih yang merupakan wilayah Divisi Regional (Divre) 3 Palembang.

2. Lampegan di Desa Cimenteng, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Terowongan yang dibangun pada tahun 1879-1882 ini memiliki panjang 686 meter. Terowongan yang lokasinya dekat dengan Stasiun Lampegan itu berada di jalur lintas Sukabumi-Cianjur, wilayah Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Wikipedia, Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X