Mengenal 10 Jenis Pekerjaan di PT KAI, Ternyata Tidak Cuma Masinis Saja Loh

- Rabu, 28 September 2022 | 13:12 WIB
Masinis Kereta Api.(Foto: KAI)
Masinis Kereta Api.(Foto: KAI)

DepokToday.com - Bagi yang sering berpergian naik kereta api pasti sudah tidak asing dengan pekerjaan masinis. Ya, pegawai PT KAI yang bertugas menjalankan kereta api.

Karena bersinggungan langsung dengan penumpang dalam hal pelayanan operasional perjalanan kereta api, maka masinis lebih populer di kalangan publik.

Tapi tahu kah Anda, bahwa pekerjaan di PT KAI tidak hanya masinis saja loh. Ada banyak bidang perkerjaan lainnya yang berada di perkantoran, stasiun, depo, balai yasa, maupun di lintas jalur kereta api.

Apa saja itu? Depoktoday.com akan mengupas 10 jenis pekerjaan di PT KAI termasuk masinis, sebagaimana dikutip dari laman resmi PT KAI.

10 Jenis perkerjaan ini ternyata kerap membuka lowongan yang proses rekrutmennya hanya diumunkan pada situs resmi PT KAI. Berikut ini 10 jenis pekerjaan tersebut:

1. Masinis

Berasal dari bahasa Belanda yakni machinist yang berarti juru mesin, machinist kemudian berubah ketika dilafalkan oleh orang pribumi menjadi masinis.

Masinis adalah pegawai PT KAI yang bertugas mengoperasikan kereta api dan langsiran serta sebagai pemimpin selama dalam perjalanan kereta api.

Dalam bertugas menjalankan kereta api baik reguler maupun langsiran, masinis tidak sendirian. Ada satu pegawai lagi yang duduk di samping kiri masinis yang disebut sebagai asisten masinis (asmas). Tugas asmas membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api dan langsiran.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: kai.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X