Ditanya Benarkah Gus Dur dan Habib Rizieq Seorang Wali? Begini Jawaban Menohok Buya Yahya

- Senin, 4 Juli 2022 | 15:50 WIB
Pendakwah Buya Yahya (Foto: Istimewa)
Pendakwah Buya Yahya (Foto: Istimewa)

DepokToday.com – Sosok KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur kerap dibanding-bandingkan dengan mantan petinggi FPI, Habib Rizieq Shihab. Bahkan, sampai ada yang mempertanyakan tentang siapakah sosok Wali sesungguhnya dari dua nama tersebut.

Hal itu ternyata sempat pula ditanyakan oleh seorang jamaah kepada pendakwah asal Cirebon, Yahya Zainul Ma'arif atau yang lebih akrab disapa Buya Yahya. Lantas seperti apa jawaban dia ketika ditanya tentang karomah kewalian Gus Dur dan Habib Rizieq? Berikut ulasannya.

Adapun video yang menampilkan jawaban Buya Yahya terkait hal itu ada dalam tayangan chanel YouTube Al Bahjah TV, berjudul: Gus Dur dan Habib Rizieq Wali, Benarkah? | Buya Yahya Menjawab.

Baca Juga: Apes, Sopir Angkot Kejepit Baja Penutup Saluran Air Saat BAK di Proyek Dewi Sartika Depok

Menurut pengasuh Lembaga Pengembangan Dawah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon itu, mengakui seseorang adalah wali tidak boleh dengan hawa nafsu.

“Bukan karena itu bapak saya lalu saya wali wali kan, bukan karena mbah saya,  dan lain-lain, sebabnya adalah khusnudzon (berprasangka baik). Nah kecuali khusnudzon dibuat-buat. Misalnya orang dengan pelanggaran syariatnya masih dianggap Wali, sementara kita tahu ini pasti ada maksud di baliknya, entah itu jemaahnya, entah itu pengikutnya, entah itu muridnya, naudzubillah,” katanya dikutip DepokToday.com pada Senin, 4 Juli 2022.

Baca Juga: Kisah Bonge dan Kurma, ABG Citayam yang Jadian di Sudirman Hingga Dicari-cari Nutrisari

“Kita perlu jujur ya ikhwani, saya tidak ingin membahas dua nama yang tadi disebut, saya tidak mau. Kita tidak membahas tentang Gus Dur nya, kita tidak bahas tentang Habib Rizieq-nya. Kita bikin rambu-rambu di sini,” sambung dia.

K.H. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur (Foto: Istimewa)

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Youtube Al Bahjah TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FIFA Menangguhkan Seluruh Kegiatan Sepak Bola India

Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X