Festival Pencak Silat Upaya Pemkab Bogor Pertahankan Eksistensi Cimande

- Selasa, 21 Juni 2022 | 06:00 WIB
Artis yang juga atlet pencak silat, Prisia Nasution (kiri), bersama Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan (tengah), menghadiri acara talk show Festival Pencak Silat Kabupaten Bogor.(Foto: Diskominfo Pemkab Bogor)
Artis yang juga atlet pencak silat, Prisia Nasution (kiri), bersama Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan (tengah), menghadiri acara talk show Festival Pencak Silat Kabupaten Bogor.(Foto: Diskominfo Pemkab Bogor)

DepokToday.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengelar Festival Pencak Silat Kabupaten Bogor tahun 2022 di Metland Mall, Cibubur, Cileungsi, Minggu 19 Juni 2022.

Festival Pencak Silat Kabupaten Bogor adalah upaya Pemkab Bogor untuk lebih mengenalkan Cimande">silat Cimande kepada masyarakat lebih luas. 

Festival tersebut menyuguhkan talkshow yang dihadiri Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan dan para praktisi pencak silat di tanah air, diantaranya artis dan atlet pencak silat, Prisia Nasution, aktor dan pendekar silat, Cecep Arif Rahman, dan master pencak silat, Asep Gurwawan.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengatakan, Kabupaten Bogor adalah daerah yang memiliki sejarah lahirnya beladiri silat salah satu yang tertua di Indonesia. Silat Cimande lahir pada abad ke-17 dan menjadi cikal bakal pencak silat di Jawa Barat. 

Baca Juga: Geger, Dua Wanita Adu Ilmu Silat Jalan Enam, Jurus Mematikan dari Depok

“Kita bangga, Kabupaten Bogor adalah salah satu daerah yang punya sejarah dari abad ke-17, yakni Cimande">silat Cimande sebagai cikal bakal pencak silat,” kata Iwan.

"Kami ingin bahwa silat itu tidak lagi identik di perkampungan, silat itu identik kalau ada hajatan. Maka hari ini kami memperkenalkan silat itu di mall,” ujar Iwan.  

Aktor yang juga pendekar silat, Cecep Arif Rahman, menyatakan, pencak silat sudah menjadi bagian dari hidupnya. "Di manapun saya berada, tidak bisa dipisahkan dari pencak silat," katanya.

Untuk mempertahankan pencak silat, saya mulai mengajar agar dapat mewariskan pencak silat ini ke generasi selanjutnya, dan tentunya dengan tetap menjaga keasliannya,” ungkap Cecep Arif Rahman. 

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: bogorkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X